Tiga Kabupaten Dapat Penghargaan Perencanaan Pembangunan Terbaik dari Gubernur Koster

Tiga kabupaten dan kota di Bali mendapatkan penghargaan dalam kategori perencanaan pembangunan terbaik dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali

Tiga Kabupaten Dapat Penghargaan Perencanaan Pembangunan Terbaik dari Gubernur Koster
Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali
Gubernur Koster saat menyerahkan penghargaan pada tiga kabupaten yang mendapat penghargaan perencanaan pembangunan terbaik di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali, Kamis (11/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Tiga kabupaten dan kota di Bali mendapatkan penghargaan dalam kategori perencanaan pembangunan terbaik dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali.

Ketiga kabupaten/kota yang meraih penghargaan itu di antaranya Kabupaten Tabanan sebagai terbaik pertama, terbaik kedua diraih oleh Kota Denpasar dan terbaik ketiga oleh Kabupaten Klungkung.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Gubenur Bali Wayan Koster dalam acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan RKPD Semesta Berencana Tahun 2020, di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Kamis (11/4/2019).

Pembukaan Musrenbang itu juga menghadirkan pembicara dari Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, yang akan berlangsung selama dua hari, 11 - 12 April 2019.

Baca: Marak Kasus Skimming Libatkan WN Bulgaria, Polda Bali Kerja Sama dengan Imigrasi Perketat Pengawasan

Baca: Lezatnya Yum Mee Salad dengan Rasa Autentik Khas Thailand

Gubernur Koster berharap Musrenbang tidak hanya menjadi acara seremonial, namun harus mampu menjabarkan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Semesta Berencana Provinsi Bali Tahun 2020.

Lebih jauh Koster berharap Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali dijabarkan secara terpola, menyeluruh, terencana, terarah dan terpadu berdasarkan skala prioritas, dengan sasaran serta outcome yang jelas dan terukur.

“Implementasinya betul-betul harus dapat menyentuh dan memenuhi kebutuhan masyarakat Bali,” ujar Gubernur asal Buleleng ini.

Baca: Ditemukan Manusia Jenis Baru, Bentuknya Menyerupai Kera dan Tulang Jari serta Jari Kaki Melengkung

Baca: Bawaslu Karangasem Gelar Apel Patroli Pengawasan Anti Politik Uang Jelang Pemilu 2019

Ia menambahkan, Nangun Sat Kerthi Loka Bali telah secara resmi ditetapkan sebagai visi pembangunan Bali lima tahun ke depan, yang tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana Provinsi Bali Tahun 2018-2023.

Dijelaskan, visi tersebut mengandung makna menjaga kesucian dan keharmonisan Alam Bali beserta isinya, untuk mewujudkan kehidupan krama Bali yang sejahtera dan bahagia, sakala-niskala menuju kehidupan krama dan Gumi Bali sesuai dengan prinsip Trisakti Bung Karno.

"Bali harus bangga karena menjadi pilot project konsep pembangunan rancangan Presiden Soekarno yang belum sempat terealisasi karena masa kepemimpinannya saat itu telah berakhir," kata dia. (*)

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved