23 Gempa Susulan Terus Mengguncang Pascagempa 6,9 Magnitudo

Gempa-gempa ini berkekuatan di atas 3 magnitudo, angka yang bisa dirasakan oleh masyarakat secara umum.

23 Gempa Susulan Terus Mengguncang Pascagempa 6,9 Magnitudo
(KOMPAS.COM/STASIUN GEOFISIKA PALU)
Peta lokasi gempa bumi susulan yang terjadi di Teluk Tolo yang dilaporkan BMKG Sulawesi Tengah 

TRIBUN-BALI.COM - Gempa susulan terus mengguncang Kabupaten Banggai Kepulauan dan sekitarnya, pascagempa 6,9 magnitudo, Jumat (12/4/2019).

Hingga Sabtu (13/4/2019) pagi, Stasiun Geofisika Palu, Sulawesi Tengah, melaporkan terjadinya gempa susulan sebanyak 23 kali.

Gempa-gempa ini berkekuatan di atas 3 magnitudo, angka yang bisa dirasakan oleh masyarakat secara umum.

“Sudah ada 23 gempa susulan hingga pagi ini,” kata Nur Hayati Pimpilemba, staf operasional Stasiun Geofisika Palu, Sabtu. Pada Sabtu dini hari, gempa susulan berkekuatan 3,8 magnitudo terjadi pada pukul 00.34 Wita yang berlokasi di Teluk Tolo, 51 km arah barat Lantibung, Kabupaten Banggai Laut, pada kedalaman 10 km.

Tidak lama kemudian disusul gempa 4 magnitudo pukul 01.03 Wita di Teluk Tolo 54 km arah barat Lantibung, Kabupaten Banggai Laut, pada kedalaman 10 km juga.

Gempa-gempa ini terus terjadi hingga pagi ini dengan magnitudo 3,9 pukul 05.44 Wita, di Teluk Tolo juga, 42 km arah barat daya Buko Banggai Kepulauan pada kedalaman 48 km.

“Kami mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG,” kata Cahyo Nugroho, Kepala Stasiun Geofisika Palu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "23 Gempa Susulan Terjadi Pascagempa Magnitudo 6,9 di Banggai Kepulauan", .
Penulis : Kontributor Gorontalo, Rosyid A Azhar
Editor : Robertus Belarminus

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved