Hanya dengan 5 Menit, Tajamkan Fungsi Otak dengan Latihan IMST

Riset baru dari University of Colorado menyingkap manfaat lain dari olahraga. Disebutkan, rutinitas olahraga -meski lima menit, dapat mempertajam otak

Hanya dengan 5 Menit, Tajamkan Fungsi Otak dengan Latihan IMST
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM - Semua orang tahu, olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan otak. Namun kini, riset baru dari University of Colorado menyingkap manfaat lain dari olahraga.

Disebutkan, rutinitas olahraga -meski lima menit, dapat mempertajam otak. Uniknya, rutinitas olahraga yang dimaksud tak melibatkan terlalu banyak gerakan tubuh seperti olahraga umumnya.

Latihan ini dijuluki Inspiratory Muscle Strength Training (IMST). IMST adalah latihan yang melibatkan otot-otot yang pernafasan.

Aktivitas fisik ini diklaim memiliki manfaat besar bagi kesehatan mental. "IMST pada dasarnya adalah latihan kekuatan untuk otot-otot yang terlibat saat kita menarik napas," kata Daniel Craighead, selaku pemimpin riset.

Menurut dia, latihan ini adalah sesuatu yang dapat dilakukan dengan cepat di rumah, atau kantor, tanpa harus berganti pakaian.

Baca: Buat Wanita Kantoran, 3 Ritual Sebelum Tidur Ini Wajib Dilakukan, Salah Satunya Olahraga Mata

Baca: Agar Bisa Memerankan Tokoh dalam Film Ini, Maudy Ayunda Berhenti Berolahraga

"Latihan ini sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kinerja kognitif dan fisik," tambah dia.

Latihan IMST melibatkan pernapasan yang kuat melalui perangkat genggam, untuk melatih otot pernapasan yang dapat mendukung resistensi tubuh.

Tahun 80an, latihan ini diterapkan pada pasien kanker paru-paru dengan rejimen resistensi rendah selama 30 menit.

Langkah ini demi meningkatkan atau mempertahankan kapasitas paru-paru mereka.

Namun pada tahun 2016, peneliti University of Arizona membuktikan, melakukan latihan ini hanya dengan 30 inhalasi per hari -sekitar 5 menit, dengan resistensi yang lebih besar, cukup untuk membuat perbedaan.

Halaman
12
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved