Desa Pakraman Renon Kembangkan Lahan Bumi Banten, Tanam Lebih dari 50 Jenis Tanaman Upakara

Minggu (14/4/2019) pagi, krama Desa Pakraman Renon, Denpasar, Bali melakukan penanaman bibit pohon kelapa daksina di Lahan Bumi Banten

Desa Pakraman Renon Kembangkan Lahan Bumi Banten, Tanam Lebih dari 50 Jenis Tanaman Upakara
Tribun Bali/Putu Supartika
Penanaman bibit kelapa daksina di Lahan Bumi Banten Desa Pakraman Renon, Denpasar, Minggu (14/4/2019).   

  

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Minggu (14/4/2019) pagi, krama Desa Pakraman Renon, Denpasar, Bali melakukan penanaman bibit pohon kelapa daksina di Lahan Bumi Banten yang berada di Jalan Tukad Balian, Gang Pura Dalem.

Sebanyak 280 bibit kelapa daksina ditanam pada areal seluas 40 are yang nantinya akan diperuntukkan sebagai sarana upakara. 

Tak hanya itu, jenis tanaman upakara lain juga sudah di tanam di areal sekitar tempat menanam bibit kelapa ini. 

Hingga kini sudah ada lebih dari 50 jenis tanaman upakara yang ditanam. 

Bendesa Desa Adat Renon, I Made Sutama saat diwawancarai Tribun Bali mengatakan, gagasan untuk membuat Gumi Banten ini dimulai sejak tahun 2010. 

Saat itu, desa melaksanakan Karya Pedudusan Agung di Pura Dalem. 

“Gagasan ini dimulai tahun 2010, tatkala Karya Pedudusan Agung di Pura Dalem, bahan upakara terutama pembuatan banten suci dan catur itu sulit dicari, kalau nyekah ada daun klasa juga sulit dicari, dari sanalah kita mulai kembangkan ini,” kata Sutama. 

Dan sejak saat itu satu persatu jenis tanaman untuk keperluan upakara di tanam pada lahan yang berada di sebelah utara Wantilan Renon ini. 

“Ada tanaman dedaunan khusus untuk tetandingan (sarana upakara) suci, tetandingan catur. Juga buah-buah lokal dan termasuk yang langka sawo, jambu, manggis, kepundung, sentul, mundeh, utu yang dipakai rujak, lengkap di sini,” katanya. 

Halaman
123
Penulis: Putu Supartika
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved