DPD Ivendo Bali Gelar Sosialisasi dan Bimtek Sertifikasi MICE

DPD IVENDO Bali kembali mengadakan kegiatan berupa sosialisasi kepada calon anggota serta pembekalan/bimbingan teknis sertifikasi MICE

DPD Ivendo Bali Gelar Sosialisasi dan Bimtek Sertifikasi MICE
DPD Ivendo
DPD Ivendo (Industri Event Indonesia) Bali kembali mengadakan kegiatan berupa sosialisasi kepada calon anggota serta pembekalan/bimbingan teknis sertifikasi MICE yang pertama kali diadakan di Bali tahun 2019 ini, di Golden Tulip Hotel Denpasar, Minggu (14/4/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Usai dilantik 22 November 2018 lalu, sekaligus mengadakan kegiatan pertamanya berupa kuliah umum di STP Nusa Dua Bali, DPD Ivendo (Industri Event Indonesia) Bali kembali mengadakan kegiatan berupa sosialisasi kepada calon anggota serta pembekalan/bimbingan teknis sertifikasi MICE yang pertama kali diadakan di Bali tahun 2019 ini, di Golden Tulip Hotel Denpasar, Minggu (14/4/2019).

Sosialisasi dan pembekalan sertifikasi MICE ini diikuti oleh 31 peserta terdiri dari 14 badan usaha PCO (professional Conference Organizer)/EO (event prganizer) dan peserta perseorangan pekerja event.

Pembekalan diberikan oleh Drs Rohadi MSn, ketua bidang organisasi dan keanggotaan Ivendo.

Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mempersiapkan para peserta yang mayoritas anggota Ivendo Bali dalam menghadapi pelaksanaan sertifikasi MICE, yang diselenggarakan oleh Kemenpar bersama LSP MICE bekerja sama dengan DPD Ivendo Bali keesokan harinya pada tanggal 15 April 2019.

“Semoga kegiatan ini bisa memberikan solusi sekaligus angin segar bagi EO, PCO, dosen, mahasiswa dan prodi yang memiliki bidang MICE serta event. Selama ini beberapa sempat mengeluhkan minimnya informasi tentang sertifikasi sekaligus kesempatan sertifikasi di Bali. Yang kami dengar selama ini, sejumlah perusahaan terpaksa mengikuti sertifikasi di daerah lain atau mengikuti sertifikasi mandiri,” ujar Grace Jeanie Ketua DPD Ivendo Bali.

Baca: Sejak Kelas 5 SD Kena Perangkap Pria Berumur, Begini Kondisi Korban Saat Kasus Terkuak

Baca: TRIBUN WIKI - 10 Buku-buku Tentang Bali Karya Gde Aryantha Soethama

Ketidaktahuan tentang perlunya sertifikasi ini ternyata juga dialami oleh banyak EO dan pekerja event termasuk mahasiswa yang kerap menjadi tenaga freelance event.

Bagi mereka, sertifikasi MICE hanya berguna saat tender pemerintahan melalui LPSE saja.

Karena saat ini memang belum semua perusahaan mensyaratkan tenaga kerja bersertifikasi untuk menangani acara mereka.

Namun ke depannya menurut Rohadi, pemerintah akan memberlakukan dengan tegas baik perusahaan swasta, BUMN maupun pemerintahan mensyaratkan tenaga kerja di industri event, dan MICE sebagai pelaksana dan penyelenggara acara wajib bersertifikat BNSP.

Berdasarkan Undang-undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang mensyaratkan setiap tenaga kerja Indonesia mampu memenuhi standar kompetensi kerja dan memiliki sertifikasi untuk bidang pekerjaan yang dimiliki.

Baca: Ini Sebaran Negara di Mana Facebook, Instagram, dan WhatsApp Jebol

Baca: Peneliti Temukan Rumah Shakespeare di London, Tempatnya Menulis Romeo dan Juliet

Halaman
12
Editor: Irma Budiarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved