Keuangan Anda Terdesak? Pertimbangkan Hal-hal Ini Jika Meminjam Uang Kepada Teman

Solusi praktis untuk mengatasi masalah ini adalah meminjam uang kepada teman. Namun, terkadang rasa gengsi atau malu membuat kita ragu untuk meminjam

Keuangan Anda Terdesak? Pertimbangkan Hal-hal Ini Jika Meminjam Uang Kepada Teman
pexels.com
Ilustrasi meminjam uang. 

TRIBUN-BALI.COM - Terkadang, berbagai permasalahan dalam hidup menganggu kondisi finansial kita.

Tenggat pembayaran tagihan yang harus dilunasi, kendaraan untuk bekerja yang butuh dana perbaikan, atau keluarga jatuh sakit yang membutuhkan biaya ekstra.

Peristiwa semacam itu bisa saja terjadi dan membuat kita benar-benar membutuhkan dana ekstra di luar kemampuan finansial kita.

Solusi praktis untuk mengatasi masalah ini adalah meminjam uang kepada teman. Namun, terkadang rasa gengsi atau malu membuat kita ragu untuk meminjam uang.

"Orang lebih suka berbicara tentang masalah seks, seperti mereka membutuhkan Viagra, daripada berbicara tentang masalah keuangan mereka," kata psikolog keuangan Brad Klontz.

Menurutnya, banyak orang gengsi membicarakan masalah finansial mereka karena uang mencerminkan status sosial dan ekonomi dirinya.

Klonzt mengatakan, banyak orang merasa berada di tempat yang salah ketika merasa menjadi orang paling miskin atau kaya di lingkungan atau kelompoknya.

"Semakin jauh kamu menyimpang dari kondisi kelompok, semakin banyak kecemasan yang kamu rasakan," ucapnya.

Menurut Klontz, rata-rata orang memikirkan bagaimana orang lain akan memandang perbedaan pada dirinya dan apakah orang lain tak akan menyukainya.

"Pada tingkat biologis, terasa seperti ancaman bagi kelangsungan hidup," tambahnya.

Halaman
123
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved