Westside MuzeeQ Kembalikan Era Kejayaan Rilisan Fisik, Koleksi Vinyl Sejak Umur 8 Tahun

Andhika menuturkan telah mengenal vinyl sejak usia 8 tahun. Demi menuntaskan rasa penasarannya, ia rela berburu koleksi vinyl incarannya ke luar Bali

Westside MuzeeQ Kembalikan Era Kejayaan Rilisan Fisik, Koleksi Vinyl Sejak Umur 8 Tahun
Tribun Bali/Rizal Fanany
Andhika Gautama atau dikenal dengan nama panggung Westside MuzeeQ merupakan seorang kolektor ulung vinyl (piringan hitam) di Bali. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Pepatah ini mungkin tepat untuk menggambarkan sosok Andhika Gautama.

Pria yang dikenal dengan nama panggung Westside MuzeeQ ini merupakan seorang kolektor ulung vinyl (piringan hitam) di Bali.

Kebiasaan mendengar musik dari sang ayah dan kakaknya melalui vinyl sedari kecil, membuatnya keranjingan hingga usainya kini yang menginjak 45 tahun.

Andhika menuturkan telah mengenal vinyl sejak usia 8 tahun. Terhitung, setiap pagi ayahnya selalu memutar musik klasik melalui piringan hitam setiap pagi.

Hal ini pun terus berlanjut hingga menginjak bangku SMP. Ia mulai mengenal berbagai jenis genre musik, khususnya musik rock yang dikenalkan sang kakak.

''Hampir setiap hari saya setel musik di kamar kakak saya, baik vynl maupun kaset tape dan hobi ini berlanjut sampai sekarang,'' tuturnya saat ditemui Tribun Bali di kediamannya di bilangan Renon, Denpasar.

Dari situlah ia mulai belajar dan menyelami sejarah musik dan vinyl. Koleksinya pun terus bertambah seiring waktu.

Bahkan demi menuntaskan rasa penasarannya, ia rela berburu koleksi vinyl incarannya ke luar Bali.

''Total hingga sekarang, koleksi vinyl saya ada sekitar 3.000 keping. Koleksi kaset tape dan CD juga saya punya,'' ucap lelaki kelahiran Belanda ini.

Rata-rata, lanjut dia, koleksi vinyl miliknya didominasi grup-grup musik bergenre rock klasik, psidelik funk seperti James Brown, Jimi Hendrix, The Doors, Broery, Black Brothers hingga Ernie Djohan.

Halaman
123
Penulis: eurazmy
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved