Marak Terjadi Pembongkaran, BPJ Bali Gelar Pameran Dokumentasi Situs di Denpasar Art Space

Yayasan Bakti Pertiwi Jati (BPJ) Bali akan menggeber pameran situs berjudul "Tiga Wilayah Rohani Bali", yang akan dilaksanakan di Denpasar Art Space

Marak Terjadi Pembongkaran, BPJ Bali Gelar Pameran Dokumentasi Situs di Denpasar Art Space
Panitia Pameran Dokumentasi Situs
Sejumlah foto yang akan dipamerkan dalam Pameran Dokumentasi Situs, di Denpasar Art Space (DAS) Denpasar pada 25 April hingga 9 Mei 2019. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Yayasan Bakti Pertiwi Jati (BPJ) Bali akan menggeber pameran situs berjudul "Tiga Wilayah Rohani Bali", yang akan dilaksanakan di Denpasar Art Space (DAS) Denpasar pada 25 April hingga 9 Mei  2019.

Pameran ini merupakan respons atas maraknya pembongkaran sejumlah kawasan yang memiliki nilai sejarah atau heritage.

Yayasan yang merupakan pemerhati dan pencinta situs ini bakal menarasikan situs dan ritus ini dalam wujud pameran foto, lukisan dan video.

Ketua BPJ Bali, Made Bakti Wiyasa mengungkapkan, pameran ini tercetus setelah melewati perjalanan cukup panjang.

"Pameran ini bagian dari upaya membangkitkan kesadaran masyarakat Bali, yang peduli terhadap nilai-nilai atau spirit kawasan warisan leluhur kita, dimana munculnya peduli situs, berawal dari kekhawatiran maraknya pembongkaran kawasan suci yang notabene masyarakat memperbaiki namun tanpa dibekali pengetahuan, tidak memperhatikan nilai situs tersebut yang seharusnya bisa dilakukan lewat restorasi, bukan mengganti dengan bahan baru saja, ini sangat mengkhawatirkan peradaban leluhur kita," kata Bakti, Senin (15/4/2019). 

Pameran ini digunakan sebagai narasi dalam wacana ngentenin, nangiang, membangkitkan rasa cinta pada warisan budaya leluhur, membangkitkan gerak nyata untuk mempertahankan akar peradaban Bali. 

Baca: Penangguhan Penahanan Ketua Kadin Bali Telah Diajukan, Sang Istri Yakin Alit Wiraputra Tak Bersalah

Baca: Tes Kepribadian: Baca Karakter & Sifat Asli Berdasarkan Kebiasaan, Gugup Tanda Seorang Perfeksionis?

Wacana kelestarian dan penguatan akar peradaban sebagai sumber jati diri bangsa, sumber nilai-nilai cinta kenusantaraan, digemakan secara intens anak-anak muda Bali untuk mendukung pemerintah dalam pemajuan kebudayaan sesuai Undang-Undang cagar budaya No. 11 tahun 2010.

"Anak-anak muda, Bali heritage lover adalah kumpulan para pencinta situs kuno yang merapikan geraknya secara resmi dan membentuk Yayasan Bakti Pertiwi Jati (BPJ)," ucapnya.

Kata Bakti, akan ada ratusan karya berupa foto, lukisan yang akan disuguhkan untuk kembali memperkenalkan nilai warisan luhur budaya Bali kepada masyarakat.  

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved