Pemilih yang Lupa Bawa Formulir C-6 Tetap Memiliki Hak Pilih

Pemilih yang datang ke TPS tanpa membawa form pemberitahuan memilih atau form C6 tetap bisa mencoblos

Pemilih yang Lupa Bawa Formulir C-6 Tetap Memiliki Hak Pilih
Tribun Bali/Rizal Fanany
Sejumlah Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar melakukan proses distribusi logistik untuk keperluan pemilu serentak 2019 dari gudang penyimpanan sementara milik Kantor Pos di Jalan Tantular, Denpasar, Sabtu (13/4/2019). Distribusi logistik pemilu ini untuk kebutuhan TPS di wilayah Kecamatan Denpasar Utara, dengan lima jenis kotak suara dan kelengkapannya untuk Pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan menjelaskan, para pemilih yang datang ke TPS tanpa membawa form pemberitahuan memilih atau form C6 tetap bisa mencoblos.

Ia berpandangan, bisa saja pemilih kehilangan form C6 atau petugas yang melewatkan memberi form tersebut kepada pemilih.

"Prinsipnya boleh, jadi C6 itu kan undangan, jika ada satu lain hal sehingga C6 tidak dapat dibawa misalnya hilang atau petugasnya tidak memberikan, itu tetap dapat menggunakan hak pilihnya," ujar Wahyu kepada wartawan, Selasa (16/4/2019).

Lebih lanjut Wahyu menuturkan bahwa form pemberitahuan C6 seharusnya memang diserahkan ke pemilih.

Sebab form tersebut berisi informasi yang bersangkutan dimana lokasi mereka memilih.

"Jadi C6 mestinya disampaikan ke pemilih, C6 itu hakekatnya undangan kepada pemilih untuk datang ke TPS, tetapi jika ada satu lain hal pemilih itu tidak mendapatkan C6 atau C6 itu hilang, maka yang bersangkutan tetap dapat memilih," katanya.

Form C6 sendiri pada prinsipnya harus diberikan ke para pemilih paling lambat tiga hari sebelum pencoblosan tanggal 17 April 2019.

Namun jika mereka belum mendapatkannya hingga H-1 pencoblosan, pemilih diminta aktif melaporkan ke Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS) supaya bisa diberikan kemudian.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul KPU: Masyarakat Tetap Boleh Mencoblos Meski Tidak Bawa Form C6

Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved