10 Tips Membesarkan Anak Biar Tidak Manja

Pengalamanku selama ini, aku sering menemui keluarga mapan yang ingin membesarkan anaknya agar tidak menjadi anak yang manja.

10 Tips Membesarkan Anak Biar Tidak Manja
evgenyatamanenko via KOMPAS.com
Ilustrasi seorang ibu membangunkan anaknya dari tidur. 

10 Tips Membesarkan Anak Biar Tidak Manja

TRIBUN-BALI.COM - Pengalamanku selama ini, aku sering menemui keluarga mapan yang ingin membesarkan anaknya agar tidak menjadi anak yang manja.

Walaupun mereka hidup dalam serba berkecukupan, bisa jalan-jalan, memiliki rumah yang cantik, bisa membeli gudget terkini, mainan dan mobil mewah.

Mereka bertanya, apakah hal itu memungkinkan? Jawabanku : “Ya, tapi kamu harus berusaha lebih keras.” Aku menyebutnya sebagai proses mendidik yang intensif dan harus disiplin untuk menerapkannya.

Jadi, ini adalah beberapa saran untuk mendidik anak agar tidak manja. Anda harus konsisten untuk menerapkannya agar cara ini bisa berhasil.

1. Katakan Tidak

Belajarlah untuk menunda pemberian dan jangan selalu memberikan apapun yang diminta anak, walaupun sebenarnya kamu dapat dengan mudah untuk memberikannya.

2. Ajari untuk Bersyukur

Hal ini tidak hanya bagaimana mengajari anakmu mengatakan tolong dan terimakasih. Ajari mereka untuk melakukan kontak mata, cara bersalaman yang sopan, dan hargai segala pemberian yang diterima. Jika mereka tidak melakukannya, minta mereka untuk mengembalikan pemberian itu (entah kepada yang memberikan ataupun kepada anda). Jelaskan kepada mereka bahwa mereka belum siap menerima pemberian itu.

3. Berlatih untuk Peduli dengan Orang lain

Halaman
123
Penulis: Ni Ketut Sudiani
Editor: Rizki Laelani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved