Pemprov Bali Dukung Produk Lokal dengan Dua Pergub

Gubernur Bali Wayan Koster menilai usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) wajib mendapat perhatian dari berbagai pihak terutama pemerintah.

Pemprov Bali Dukung Produk Lokal dengan Dua Pergub
Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali
Gubernur Koster saat hadir pada Bali Smesco Festival 2019 di Gedung Serbaguna SMESCO Indonesia, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (20/4/2019) pagi. 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Gubernur Bali Wayan Koster menilai usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) wajib mendapat perhatian dari berbagai pihak terutama pemerintah.

Dukungan dari pemerintah itu bisa berupa regulasi dan kebijakan agar UMKM dapat tumbuh kondusif dan makin berperan di berbagai sektor ekonomi.

Dijelaskan olehnya, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali mendukung produk kerakyatan lokal dengan mengeluarkan regulasi dalam bentuk dua Peraturan Gubernur (Pergub).

Pergub pertama yakni Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri lokal Bali.

Pergub ini mengatur hotel, restoran dan katering untuk menggunakan produk lokal Bali.

Baca: Dua Pasangan Pelajar Kepergok Saat Dini Hari di Lapangan Merdeka, Ini Pengakuan Mereka

Baca: Bupati Karangasem Minta Perempuan Maknai Peringatan Hari Kartini

Selanjutnya juga telah diterbitkan Pergub Bali Nomor 79 Tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali yang dinilai berdampak pada peningkatan kebutuhan pada produk busana lokal Bali.

"Melalui peraturan ini diharapkan dapat meningkatkan kemajuan UMKM. Pengembangan UMKM ke depan perlu menggabungkan keunggulan lokal yang berbasis budaya dibarengi dengan inovasi dan kreativitas sesuai dengan visi misi pemerintah daerah Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali," ujar Gubernur Koster.

Hal ini disampaikannya pada Bali Smesco Festival 2019 di Gedung Serbaguna SMESCO Indonesia, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (20/4/2019) pagi.

Menurutnya, pameran merupakan event yang sangat strategis untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk yang dihasilkan.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved