Belum Semua SMP Laksanakan UNBK, Suwirta Minta Dinas Pendidikan Inventarisasi Kebutuhan Komputer

Bupati Suwirta didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Dewa Gde Darmawan monitoring pelaksanaan hari ketiga ujian nasional

Belum Semua SMP Laksanakan UNBK, Suwirta Minta Dinas Pendidikan Inventarisasi Kebutuhan Komputer
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Siswa dan siswi di SMP di Klungkung ketika melaksanakan UNBK, Rabu (24/4/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Dewa Gde Darmawan monitoring pelaksanaan hari ketiga Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tingkat Sekolah Menengah Pertama SMP/MTs, dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun pelajaran 2018/2019.

Monitoring Pelaksanaan Ujian ini dilaksanakan di beberapa sekolah, di antaranya SMP Negeri 1 Semarapura, SMP Negeri 2 Semarapura, SMP Negeri 2 Banjarangkan dan SD Negeri 1 Semarapura Kangin, Rabu (24/4/2019).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, dari pengamatan dan hasil laporan di berbagai sekolah, pelaksanaan UNBK, UNKP dan USBN tidak ada hambatan, baik teknis maupun kendala lainnya.

Baca: Bermimpi Mendapatkan Uang Berarti Pertanda Buruk? Ini Jenis-jenis Mimpi dan Maknanya

Baca: Terkait Beredarnya Video Masturbasi yang Diduga Artis Pria & Atlet, Begini Tanggapan Kepolisian

Bupati Suwirta berharap semua siswa bisa mengikuti ujian sampai selesai dengan baik, dan semua siswa bisa tamat dengan kualitas baik serta siap bersaing di tingkat SMA maupun SMK.

"Saya melihat anak-anak sangat tenang mengikuti ujian dan komputer yang digunakan cukup standar untuk bisa digunakan untuk ujian," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menambahkan, ke depannya sekolah yang belum melaksanakan UNBK, pihaknya menugaskan Kadis Pendidikan untuk segera melakukan inventarisasi kebutuhan komputer untuk semua sekolah di Kabupaten Klungkung.

Baca: Foto-Foto Resepsi Pernikahan Ajun Perwira - Jennifer Ipel di Bali Beredar, Ada Acara After Party

Baca: Menteri Kesehatan RI Puji Konsep Tri Hita Karana Bali

"UNBK ini bukan masalah berlomba-lombaan, tetapi kita bisa memenuhi standar yang diwajibkan secara nasional, wajib kita ikuti, walaupun ini bukan menentukan kelulusan, tetapi karena perkembangan teknologi semakin canggih maka kita ikuti perkembangnya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Dewa Gde Darmawan melaporkan, total keseluruhan siswa kelas 9 tingkat SMP/MTs yang mengikuti ujian sebanyak 3.125 orang, yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebanyak 1.902 orang, dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) sebanyak 1.222 orang.

Untuk tingkat SD diselenggarakan Ujian Sekokah Berstandar Nasional (USBN) dengan peserta sebanyak 3.145 orang.

"UNBK dimulai dari hari Senin 22 April sampai dengan 25 April pukul 7.30 sampai dengan pukul 16.00 Wita, dibagi menjadi tiga sesi, untuk UNKP dimulai pukul 10.30 sampai dengan pukul 12.30 Wita. Sedangkan USBN diselenggarakna dari tanggal 22 sampai dengan  24 April 2019 pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00 Wita," ujar Dewa Darmawan. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved