10 Tips Terbaik Berhenti Merokok

Tentu kita sangat peduli dengan dampak merokok untuk kesehatan. Masih saja jumlah mereka yang meninggal akibat merokok bertambah

10 Tips Terbaik Berhenti Merokok
Istimewa
Ilustrasi berhenti merokok 

TRIBUN-BALI.COM- Tentu kita sangat peduli dengan dampak merokok untuk kesehatan. Masih saja jumlah mereka yang meninggal akibat merokok bertambah dari tahun ke tahun.

Para merokok merasa sangat sulit untuk keluar dari kebiasaan itu.

Sebagian orang berusaha keras untuk berhenti, tapi hanya sedikit yang benar-benar berhasil.

Berhenti merokok bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan hanya dalam waktu satu hari.

Anda harus benar-benar merubah kebiasan dan berurusan dengan sintom dimana harus mengurangi nikotin.

Boldsky merilis sejumlah cara untuk keluar dari kebiasaan merokok :

1. Terapi Pengganti Nikotin
Saat anda berhenti merokok, badan anda akan merasa tidak nyaman karena tubuh mulai bereaksi dengan ketiadaan nikotin dan kimia lainnya dalam rokok. Dalam fase seperti ini biasanya anda akan merasa cemas, nafsu makan bertambah, flu, cepat merasa marah. Hal ini sangat lumrah terjadi. Untuk mengurangi hal ini, datanglah ke dokter dan tanyakan obat yang bisa menggantikan nikotin, seperti permen, tablet, atau semprotan.

2. Buatlah Daftar yang Membuat Anda Mau Merokok
Saat anda membuat rencana untuk berhenti merokok, sangat penting untuk mencari tahu apa yang membuat anda ingin merokok dan kapan. Saat anda sudah membuat list itu, anda akan semakin familiar dengan pola kebiasaan merokok itu.

3. Relaks dan Bermeditasi
Kebiasaan merokok yang cukup intens memang kadang sangat sulit untuk dihentikan. Karenanya anda perlu untuk membuat pikiran anda menjadi lebih relaks dan jangan sampai stress karena hal-hal yang tidak penting. Meditasi akan sangat efektif untuk mengurangi stress dan membuat anda lebih sadar dengan kebiasaan yang membuat ingin merokok. Ini juga melatih anda untuk pengendalian diri.

4. Minumlah Air yang Banyak
Minum air dalam jumlah tertentu sangat membantu mereka yang sedang dalam program untuk berhenti merokok. Air membantu untuk membersihkan toksin residual dalam tubuh akibat merokok. Konsumsilah air sepanjang hari, kapanpun keinginan merokok itu muncul.

Halaman
12
Penulis: Ni Ketut Sudiani
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved