Wabup Suiasa Hadiri Karya di Pura Melanting Desa Adat Lambing Desa Mekar Bhuana

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri puncak karya di Pura Melanting Desa Adat Lambing

Wabup Suiasa Hadiri Karya di Pura Melanting Desa Adat Lambing Desa Mekar Bhuana
Humas Sekda Badung
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri karya sekaligus secara simbolis menyerahkan bantuan di Pura Melanting Desa Adat Lambing, Desa Mekar Bhuana, Kecamatan Abiansemal, Rabu (24/4/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri puncak karya wraspati kalpa, mamungkah, mapedagingan, mapadudusan, medasar caru manca kelud di Pura Melanting Desa Adat Lambing, Desa Mekar Bhuana, Kecamatan Abiansemal, Rabu (24/4/2019).

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Abiansemal I Gusti Ngurah Suryajaya, Penglingsir Puri Lambing A A Gede Agung, Perbekel Mekar Buana I Gusti Made Sudiana, Bendesa Adat Lambing I Gusti Putu Arka beserta tokoh masyarakat setempat.

Upacara yadnya ini dipuput oleh Ida Pedanda Griya Tunjuk Tabanan, dan Ida pedanda Griya Tegal Jadi Tabanan.

Dalam Kesempatan tersebut Wabup Suiasa menyerahkan secara simbolis bantuan pemerintah Kabupaten Badung sebesar Rp 250 juta. 

Kedatangan Wabup Suiasa disambut antusias dengan tari pendet tiga generasi yang ditarikan oleh anak-anak, PKK dan Lansia Desa setempat.

Baca: Sekar Jagad Blambangan, Galeri Batik Banyuwangi di Pusat Kota 

Baca: Seorang Remaja Meninggal Setelah Digigit Semut, Ternyata karena Ini

Dalam simakramanya Wabup Suiasa menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas terlaksananya yadnya upacara piodalan waraspati kalpa, di Pura Melanting Desa Adat Lambing, Desa Mekar Bhuana.

Ini membuktikan masyarakat Lambing, Desa Mekar Bhuana bersatu dalam melaksanakan sradha bhakti.

Wabup juga berharap melalui yadnya ini dapat menuju moksartham jagadhita ya ca iti dharma, yang bermakna untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan sekala dan niskala.

“Pelaksanaan yadnya ini merupakan wujud sradha bhakti kita kehadapan Ida Sang hyang Widhi Wasa serta mendoakan jagat beserta isinya diberikan keselamatan. Hadirnya pemerintah Kabupaten Badung untuk ikut ngerastitiang upacara yadnya agar nilai utama serta tujuan dari yadnya ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta memperoleh kasukertan jagat,” kata Wabup Suiasa. 

Sementara Manggala Karya I Made Gotra mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wakil Bupati Badung.

Baca: Wabup Suiasa Ikut Ngrastitiang Karya di Pura Melanting Kutaraga

Baca: 40 Ekor Curik Bali Dilepasliarkan ke Alam Bebas, Upaya Pelestarian Burung Khas Bali

Dijelaskannya persiapan karya ini telah berjalan sejak bulan Maret 2019 lalu dengan telah dilaksanakannya berbagai rangkaian upacara pemelastian dan piodalan di pura kahyangan melanting serangkaian telah selesainya pembangunan pura yang dibantu oleh pemerintah Kabupaten Badung.

Dengan hadirnya pemerintah dalam upacara ini masyarakat Desa Mekar Bhuana merasa terbantu dalam melaksanakan sradha bhakti kepada sesuhunan.

"Kami manggala karya mewakili masyarakat Mekar Bhuana tidak henti-hentinya mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Badung, yang sudah memberi bantuan untuk pembangunan dan kegiatan kemasyarakatan di mekar bhuana ini,” jelasnya.(*)

Editor: Irma Budiarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved