Pantai Kelingking 'The Hidden Paradise of Nusa Penida', Spot Mancing yang Jadi Destinasi Favorit

Pantai Kelingking, Nusa Penida yang dikenal juga dengan nama lain 'The Hidden Paradise of Nusa Penida kini menjadi destinasi favorit

Pantai Kelingking 'The Hidden Paradise of Nusa Penida', Spot Mancing yang Jadi Destinasi Favorit
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Pantai Kelingking, Nusa Penida yang dikenal juga dengan nama lain 'The Hidden Paradise of Nusa Penida. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Banjar Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida memiliki destinasi yang sangat digandrungi wisatawan mancanegara yakni Pantai Kelingking.

Pantai ini dikenal dengan nama lain 'The Hidden Paradise of Nusa Penida'. Nama ini karena letaknya yang tersembunyi dan membutuhkan perjuangan untuk menginjakan kaki di pantai ini.

Warga di Banjar Karang Dawa lah yang semula menamai destinasi ini sebagai Pantai Kelingking, dan poluler oleh wisatawan dengan nama Kelingking Beach.

Tidak salah jika wisatawan menyebut pantai ini sebagai surga tersembunyi, karena lokasinya yang berada didasar  tebing.

"Lokasi wisata ini sebenarnya sudah dari dulu dikunjungi warga. Pantai Kelingking ini dulunya dijadikan lokasi memancing oleh warga lokal Banjar Karang Dawa. Namun sekian waktu berjalan,  lokasi ini mulai dikunjungi dan poluler di kalangan wisatawan sejak tahun 2017 lalu," ujar Perbekel Desa Bunga Mekar, I Wayan Yasa.

Untuk sampai di pantai ini, pengunjung harus menuruni perbukitan terjal dengan menuruni jalan setapak yang dibuat oleh warga sekitar.

Guna meminimalisir kecelakaan, warga sekitar telah membuatkan pagar pangaman dengan kayu ulin hingga ke bawah tebing. Hanya saja terjalnya jalan dan licin membuat pengunjung harus berhati-hati.

Dari atas bukit, biasanya wisatawan mengabadikan foto dari atas bukit dengan latar belakang bukit dan tebing menjorok ke laut yang berbentuk seperti kepala dinosaurus. Lokasi ini menjadi spot andalan wisatawan untuk berfoto.

"Tahun ini secara bertahap sudah kami anggarkan untuk membuat anak tangga beton, dari dana APBDes. Karena 50 meter turunan pertama menuju tangga itu, jalannya sangat terjal," ungkap Wayan Yasa.

Rasa lelah ketika menuruni tebing  akan terbayarkan ketika tiba di Pantai Kelingking. Pantai ini memiliki panorama yang masih sangat alami, dengan pasir berwarna putih bersih.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved