Smart Woman

Bangun Perpustakaan 'Bu Made' di Pancasari, Ratih Kumala Nyalakan Harapan dari Desa

Perpustakaan yang diberi nama Bu Made (Buku Masuk Desa) itu, ia dirikan bersama beberapa kawannya yang peduli terhadap pendidikan di Desa Pancasari

Bangun Perpustakaan 'Bu Made' di Pancasari, Ratih Kumala Nyalakan Harapan dari Desa
Dok Pribadi / Kolase Tribun Bali
Luh Putu Ratih Kumala Dewi (kiri) dan kegiatan anak-anak ketika belajar di Perpustakaan Bu Made, Desa Pancasari, Buleleng. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Luh Putu Ratih Kumala Dewi, tidak berlebihan kiranya menyebut gadis kelahiran Pancasari,14 Maret 1996 ini sebagai pahlawan pendidikan di tanah kelahirannya.

Sejak dua tahun lalu, ia berjuang membangun kelas belajar dan perpustakaan bagi anak-anak sekolah dasar (SD).

Perpustakaan yang diberi nama Bu Made (Buku Masuk Desa) itu, ia dirikan bersama beberapa kawannya yang peduli terhadap pendidikan, yakni Gede Suyadnyana, Winda Kristina, dan Hendra Redityawan.

Hadirnya perpustakaan ini bisa memberikan jalan cerah bagi pendidikan anak-anak di sana.

Ratih menceritakan, anak-anak di Desa Pancasari memang hampir keseluruhan sudah menempuh pendidikan di jenjang SD.

Meski demikian, akses bahan bacaan terbilang cukup terbatas. Kondisi ini diperparah dengan keberadaan Desa Pancasari yang sangat jauh dari kota kabupaten sehingga sulit untuk mengakses buku-buku.

Selain jaraknya yang sangat jauh, harga buku juga terbilang lumayan. Permasalahan inilah yang coba dipecahkan oleh Ratih dan kawan-kawannya.

"Jadi dari dua tahun lalu kita bikin kelas mingguan mengajar anak-anak di situ, kadang matematika, kadang bahasa Inggris," kata Ratih saat dihubungi Tribun Bali, Kamis (2/5/2019).

Berhasil melaksanakan kelas mingguan, komunitas ini akhirnya berpikir untuk membuat taman baca. Tujuannya agar anak-anak yang ikut kelas mengajar tidak hanya datang pada hari Minggu saja.

"Kalau mereka pengen dateng di luar kegiatan hari Minggu, bisa datang," kata Ratih.

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved