Ramadan 2019

Penentuan Awal Ramadan 2019, Bulan Tidak Terlihat di Bali

Pengamatan hisab dan rukyat merupakan pengamatan pada bulan untuk menentukan awal bulan Ramadan

Penentuan Awal Ramadan 2019, Bulan Tidak Terlihat di Bali
Tribun Bali/Rizal Fanany
Tim Rukyatul Hilal kanwil kementrian agama provinsi Bali melakukan pemantauan rukyatul hilal di pantai Patra Jasa, Kuta, Minggu (5/5/2019). Berdasarkan pemantauan tim rukyatul Hilal tidak terlihat karena tertutup awan. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Meika Pestaria Tumanggor

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Kantor Kementerian Agama Provinsi Bali bersama Pengadilan Agama Kota Denpasar dan Kabupaten Badung, BMKG, MUI serta sejumlah ormas Islam di Bali, Minggu (5/5/2019), melakukan pengamatan hisab dan rukyat, di Pantai Patra, Kuta.

Pengamatan hisab dan rukyat merupakan pengamatan pada bulan untuk menentukan awal bulan Ramadan.

Kepala Bidang Bimas Islam Kementerian Agama Provinsi Bali Nurkhamid mengatakan, berdasarkan hasil pengamatan, bulan tidak terlihat karena tertutup awan.

Baca: Bali United U-16 Raih 5 Poin di Babak Penyisihan Grup C Seri 1 Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019

Baca: Tirtayasa Temukan Bekas Congkelan di Pintu Rumah, Uang Rp 4,1 Juta Raib Digondol Maling

"Karena cuaca yang tidak mendukung, akhirnya hilal tidak teramati. Jadi yang sudah kita persiapkan, tidak bisa mengambil sumpah, karena hilal tidak teramati," kata Nurkhamid.

Pengamatan hisab dan rukyat penentuan awal bulan Ramadan di Pantai Patra, Kuta, Minggu (5/5/2019).
Pengamatan hisab dan rukyat penentuan awal bulan Ramadan di Pantai Patra, Kuta, Minggu (5/5/2019). (Tribun Bali/Meika Pestaria Tumanggor)

Hasil ini selanjutnya dilaporkan langsung ke Kementerian Agama.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Bali Iman Fatchurohman menjelaskan, pengamatan bulan dilakukan pada pukul 18.09 Wita saat matahari terbenam hingga pukul 18.35 Wita saat bulan terbenam.

Baca: Adu Jangkrik, Tubuh Ni Kadek Ani Terpental ke Sawah, Begini Kondisi Gadis 16 Tahun itu

Baca: Pelaku Perampokan Kimia Farma Kabur karena Ketahuan Pakai Pistol Mainan, Begini Penjelasan Polisi

Selain melakukan pengamatan di Pantai Patra, BMKG juga melakukan pengamatan di Kantor BMKG Bali.

Tim Rukyatul Hilal kanwil kementrian agama provinsi Bali melakukan pemantauan rukyatul hilal di pantai Patra Jasa, Kuta, Minggu (5/5/2019). Berdasarkan pemantauan tim rukyatul Hilal tidak terlihat karena tertutup awan.
Tim Rukyatul Hilal kanwil kementrian agama provinsi Bali melakukan pemantauan rukyatul hilal di pantai Patra Jasa, Kuta, Minggu (5/5/2019). Berdasarkan pemantauan tim rukyatul Hilal tidak terlihat karena tertutup awan. (Tribun Bali/Rizal Fanany)

"Kita sudah menghitung waktu terbenam, untuk menentukan kita punya berapa lama waktu pengamatan. Matahari terbenam pukul 18.09 Wita, dan bulan terbenam pukul 18.35 Wita. Jadi kita punya kurang lebih 26 menit untuk mengamati," ujar Iman Fatchurohman.

"Berdasarkan hasil perhitungan, bulan berada di lima derajat. Namun karena awan yang cukup tebal di arah matahari, hilal tidak dapat teramati. Faktor cuaca sangat menentukan," tambah Iman Fatchurohman.(*)

Penulis: Meika Pestaria Tumanggor
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved