Uji Kompetensi SMK Pariwisata Dalung oleh LSP LPK PPKIP Jaya Wisata, Ciptakan Tenaga Kerja Kompeten

Uji Kompetensi SMK Pariwisata Dalung oleh LSP LPK PPKIP Jaya Wisata, Ciptakan Tenaga Kerja Kompeten

Uji Kompetensi SMK Pariwisata Dalung oleh LSP LPK PPKIP Jaya Wisata, Ciptakan Tenaga Kerja Kompeten
DOK SMK Pariwisata Dalung
Uji Kompetensi SMK Pariwisata Dalung oleh LSP LPK PPKIP Jaya Wisata, Ciptakan Tenaga Kerja Kompeten 

TRIBUN-BALI.COM- Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) LPK PPKIP Jaya Wisata senantiasa mendukung program pemerintah untuk menciptakan Tenaga Kerja yang kompeten dan professional di bidangnya. Hal ini terbukti dengan rutin bekerja sama dengan berbagai Sekolah Menengah Kejuruan di bidang  Pariwisata untuk melaksanakan Uji Kompetensi sebagai tolak ukur kemampuan siswa yang siap masuk dunia industri sesuai kejuruannya masing-masing.

SMK Pariwisata Dalung sebagai sekolah kejuruan di bidang Pariwisata, melaksanakan UK siswa-siswinya bekerja sama dengan LSP LPK PPKIP Jaya Wisata untuk Program Front Office, House Keeping, Food & Bevarage Product dan Food Bevarege Service. UK yang berlangsung dari 4-10 Mei 2019 ini secara resmi di buka SEnin, 6 Mei 2019 di Kampus Jaya Wisata Hotel International Hotel School.

I Putu Gede Panca Wasidipa,SE selaku Direktur LSP LPK PPKIP Jaya Wisata menyatakan, UK yang dilaksanakan kepada siswa-siswi SMK Pariwisata Dalung mengambil 2 TUK (Tempat Uji Komptensi), yaitu di Lab yang dimiliki Oleh SMK Pariwisata Dalung dan TUK di Kampus Jaya Wisata International Hotel School. Selain itu pada UK tahun ini telah menggunakan skema level 2, dimana belum semua sekolah berani menerpakan hal ini, karena tingkat kesulitan lebih dari UK sebelumnya. Namun tentunya, dengan mampu melalui UK ini, siswa akan lebih siap masuk Dunia Industri, apalagi dengan persaingan global masyarakat MEA, terlebih lagi Revolusi Industri 4.0 ini. Beliau juga megaskan, siswa SMK akan dinyatakan lulus sesuai regulasi adalah dengan memiliki sertifikat Kompetensi dan Ijasah, sehingga UK itu wajib diikuti oleh siswa-siswi SMK.

Senada dengan hal tersebut, Kepala SMK Pariwisata Dalung, Ibu Ni Ketut Suariyani,S.Pd menyatakan bahwa UK ini merupakan kali ke-3 SMK Pariwisata Dalung bekerja sama dengan LSP PPKIP Jaya Wisata untuk menguji siswa-siswi. Pada Tahun ajaran ini ada 322 orang siswa yang diuji, baik dari program FO, HK, FB Product dan FB Service.

Kepala Seklah SMK Pariwisata Dalung juga menyambut baik pelaksanaan UK di 2 tempat, selain efesien secara waktu, juga memberikan wawasan dan pengetahuan baru untuk siswa, mereka akan siap di segala kondisi, tidak hanya mampu tampil di rumah sendiri, atau lab yang telah biasa di gunakan sehari-hari. Ini merupakan salah satu karakter yang wajib dimiliki, yaitu percaya diri, tampil dimana pun. Termasuk ketika mereka ujian di tempat yang baru.

Kampus Jaya Wisata International Hotel School yang beralamat di Jl Gatot Subroto Barat no 412 adalah Lembaga Pelatihan Keterampilan di bawah dinas Tenaga Kerja Kota Denpasar memfasilitasi tempat uji kompetensi bagi para siswa SMK Pariwisata Dalung, selain memperkenalkan lokasi kampus juga memberikan nuansa dan pengalaman baru kepada siswa-siswi SMK Pariwisata Dalung.(ADV)

Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved