Hanya 8,8% UMK di Banjarangkan Punya Izin, Masyarakat Masih Anggap Izin Usaha Tidak Penting

hingga tahun 2018 terdapat sekitar 1.215 UMK di seluruh desa di Kacamatan Banjarangkan dan baru sekitar 8,8 persen saja yang mengurus izin usahanya

Hanya 8,8% UMK di Banjarangkan Punya Izin, Masyarakat Masih Anggap Izin Usaha Tidak Penting
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Warga sedang mengurus izin UMK di Kantor Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Senin (6/5/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Sejak pagi, Ni Wayan Sudiati (34) sudah berada di Kantor Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Senin (5/5/2019).

Pedagang asal Dusun Kangin tersebut, tampak antusias mendengar penjelasan dari tim pelayanan adminsitari terpadu (Paten) Kecamatan Banjarangkan terkait pengurusan izin usaha mikro dan kecil (IUMK).

Sudiati sudah delapan tahun membuka usaha toko kain, namun belum pernah mengurus izin usahanya.

"Sebelumnya saya tidak tahu bagaimana harus mengurus izin usaha, sehingga tidak pernah mengurus izin. Kami awalnya berpikir itu izin itu hanya untuk usaha besar," ungkap Sudiati.

Ia mengakui, selama ini ia telah abai terkait masalah perizinan. Ia menganggap izin masih belum perlu.

Ketika mengajukan kredit usaha pun, surat keterangan usaha dari desa biasanya sudah cukup. Sehingga hal ini membuat Sudiati malas mengurus izinnya usahanya.

"Ada informasi pengurusan izin usaha mikro kecil dari kecamatan gratis di Kantor Desa Bakas, jadi saya manfaatkan. Persyaratannya juga tidak ribet. Siapa tahu kan ke depannya apa-apa gampang, karena usaha kami sudah terdaftar dan memiliki izin," ungkap Sudiati.

Selain Sudiati, puluhan pelaku usaha mikro dan kecil berkumpul di Kantor Desa Bakas untuk mengurus izin usaha secara cuma-cuma.

Mereka cukup membawa KTP dan KK untuk mengurus izin usahanya, dan langsung selesai. Program ini merupakan inovasi dari  tim pelayanan administrasi terpadu Kecamatan Banjarangka.

Berdasarkan data di Kecamatan Banjarangkan, hingga tahun 2018 terdapat sekitar 1.215 UMK di seluruh desa di Kacamatan Banjarangkan.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved