Indeks Tendensi Konsumen Triwulan I 2019 di Bali Dinilai Membaik, Ini Indikatornya

Kondisi ekonomi konsumen atau masyarakat Bali pada triwulan I 2018 secara umum dinilai membaik dibandingkan triwulan sebelumnya

Indeks Tendensi Konsumen Triwulan I 2019 di Bali Dinilai Membaik, Ini Indikatornya
Tribun Bali/Karsiani Putri
Kepala Bidang Neraca Wilayah & Analisis Statistik BPS Provinsi Bali, Agus Gede Hendrayana Hermawan, SE., M.Si, dalam acara rilis bulanan BPS Provinsi Bali, Senin (6/5/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kondisi ekonomi konsumen atau masyarakat Bali pada triwulan I 2018 secara umum dinilai membaik dibandingkan triwulan sebelumnya dan hal ini dapat dilihat dari Indeks Tenedensi Konsumen (ITK) pada triwulan ini yang tercatat sebesar 110,05.

Kepala Bidang Neraca Wilayah & Analisis Statistik BPS Provinsi Bali, Agus Gede Hendrayana Hermawan, SE., M.Si, dalam acara rilis bulanan BPS Provinsi Bali menyebutkan bahwa tingkat kenyamanan konsumen pada triwulan ini tercatat lebih rendah dengan penurunan sebesar 10,91 poin dari triwulan sebelumnya yang tercatat sebesar 120,96. 

“Seluruh komponen ITK triwulan ini mendorong ITK berada pada posisi nyaman. Indeks pendapatan kini tercatat sebesar 102,41 dan volume konsumsi dengan indeks 114,09 serta inflasi yang dirasa tidak terlalu berpengaruh terhadap tingkat konsumsi dengan indeks sebesar 121,22,” ujarnya pada Senin (6/5/2019) di Kantor BPS Provinsi Bali, Jalan Puputan Renon No 1, Denpasar, Bali

Ia juga menambahkan bahwa ekonomi konsumen/ masyarakat Bali pada triwulan mendatang yakni triwulan II 2019 diperkirakan membaik dengan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi, ITK mendatang tercatat sebesar 111,02.

Tambahnya, pendapatan mendatang diperkirakan meningkat dengan indeks sebesar 118,05 sementara rencana pembelian barang tahan lama diperkirakan menurun dengan indeks sebesar 98,69. (*)

Penulis: Karsiani Putri
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved