Bali Bakal Punya Pabrik Perakitan Motor Listrik, Pembangunan Pabrik Masih Dikaji

Rencana pembangunan pabrik perakitan motor listrik di Bali masih perlu dilakukan kajian.

Bali Bakal Punya Pabrik Perakitan Motor Listrik, Pembangunan Pabrik Masih Dikaji
Warta Kota/Henry Lopulalan
Presiden Joko Widodo mencoba mengendarai motor listrik buatan dalam negeri Gesits seusai melakukan audiensi dengan pihak-pihak yang terlibat proses produksi di halaman tengah Istana Kepresidenan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (7/11/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Rencana pembangunan pabrik perakitan motor listrik di Bali masih perlu dilakukan kajian.

"Itu kan kita perlu studi atau kajian lebih jauh lagi," kata kata Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) usai mengikuti rapat paripurna DPRD Bali, Selasa (7/5).

Dijelaskannya, meski ada rencana pembangunan pabrik perakitan motor listrik di Bali, sampai saat ini belum ada pembicaraan terkait kapan dan di mana lokasi tersebut.

Menurutnya, beberapa waktu lalu ada pertemuan antara pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali dengan pihak universitas yang terlibat di dalam penelitian ini.

Pertemuan itu yakni untuk membicarakan penelitian mengenai sejauh mana perbedaan atau efesiensi antara motor dengan bahan bakan minyak (BBM) dengan kendaraan listrik.

"Belum kita belum ada pembicaraan di mana dibangun (pabrik perakitan motor listrik)," jelasnya.

Wagub Cok Ace mengatakan, upaya penggunaan motor dan mobil listrik di Bali ini karena Pemprov Bali saat ini berupaya mengubah ke energi terbarukan.

"Kita memang sekarang mengalih kepada sumber-sumber energi terbarukan. Kita mulai menghindari sumber energi fosil," jelasnya.

"Bahkan tadi disampaikan oleh dewan, itu perlu diberikan perhitungan insentif bagi mereka yang sudah menggunakan kendaraan listrik," kata eks Bupati Gianyar ini.

Sebelumnya, PT Wijaya Karya (Persero) selaku induk perusahaan Gesits bertemu dengan Gubernur Bali Wayan Koster di rumah jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Senin (6/5).

Halaman
123
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved