Soroti Kawasan Subak Jatiluwih, DPRD Bali Dorong Pemkab Tabanan Susun RDTR

Masifnya para investor yang melirik Warisan Budaya Dunia (WBD) Subak Jatiluwih menyebabkan beberapa kawasan itu saat ini mulai beralih fungsi

Soroti Kawasan Subak Jatiluwih, DPRD Bali Dorong Pemkab Tabanan Susun RDTR
Tribun Bali/Made Prasetia Aryawan
Dua orang wisatawan tampak sedang menikmati suasana persawahan di DTW Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Tabanan, Selasa (23/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Masifnya para investor yang melirik Warisan Budaya Dunia (WBD) Subak Jatiluwih menyebabkan beberapa kawasan itu saat ini mulai beralih fungsi.

Salah satu fasilitas yang saat ini dibangun dan banyak disorot yakni landasan pendaratan untuk helikopter atau helipad.

Pembangunan di WBD Subak Jatiluwih yang kian masif ini mendapat tanggapan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bali.

Wakil Ketua DPRD Bali I Nyoman Sugawa Korry mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan untuk segera membuat Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

"Makanya kami menyarankan segera bupati harus mengambil langkah-langkah karena dia yang mengeluarkan izin. Langkah yang pertama yakni harus membuat RDTR, kemudian setelah itu menegakkan RDTR itu," kata Sugawa Korry.

Hal itu disampaikan Sugawa Korry saat ditemui di Gedung DPRD Bali usai melaksanakan rapat paripurna beberapa waktu lalu.

Dirinya menilai setiap pengembangan daerah tujuan wisata itu harus diawali dengan RDTR yang nantinya akan diperkuat dengan berbagai aspek regulasi.

Baca: Resmi! PT LIB Gandeng Shopee Jadi Sponsor Utama Liga 1 2019

Baca: Tandatangan PKS UHC, Kabupaten Bangli Raih Predikat UHC dengan Cakupan 98% Kepesertaan JKN-KIS

Aspek regulasi yang dimaksudkan olehnya yakni apa saja yang boleh dibangun di kawasan tersebut.

"Jadi kalau itu dibiarkan begitu saja, masing-masing kepentingan investor tidak terseleksi sesuai dengan kepentingan daerah itu, nanti bahaya itu. Karena izin ini kan semua ada di kabupaten," jelas politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved