Ternyata Kualitas Air dapat Memengaruhi Kondisi Rambut

Mandi ternyata dapat mengancam keindahan rambut. Pasalnya, air untuk mandi dapat membuat rambut terlihat kusam atau memudar warnanya, apalagi jika air

Ternyata Kualitas Air dapat Memengaruhi Kondisi Rambut
intisari-online.com
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM - Mandi ternyata dapat mengancam keindahan rambut. Pasalnya, air untuk mandi dapat membuat rambut terlihat kusam atau memudar warnanya, apalagi jika air tersebut tergolong air "keras".

"Air keras dapat mempengaruhi warna rambut hingga menyebabkan warna rambut memudar," ucap Danielle Lint, ahli pewarnaan rambut.

Dalam beberapa kasus, kata Lint, air juga bisa membuat rambut yang bewarna pirang berubah menjadi jingga hingga kehijauan.

"Itu juga bisa membuat rambutmu tampak rusak atau sangat kering," tambah dia.

Baca: Jangan Biasakan Tidur Setelah Sahur Jika Tidak Ingin Mengalami 5 Risiko Kesehatan Ini

Baca: Pameran Karya Seni Little Stars School, Siswa Manfaatkan Barang bekas

Lalu, apa itu air keras? Menurut the Water Quality Association, air keras atau air sadah adalah air yang mengandung senyawa kalsium dan mangnesium terlarut, dan terkadang juga mengandung unsur logam.

Air keras dapat membuat pakaian menjadi kaku dan pudar, meninggalkan endapan mineral di piring dan gelas, serta menyebabkan penumpukan di bak cuci, bak mandi, dan keran.

Menurut Lint, ada beberapa tanda yang menunjukkan rambut telah terpengaruh oleh air keras, antara lain rambut terlihat kering setelah mandi, atau warna rambut cepat memudar.

Air keras juga bisa membuat rambut rontok atau sulit dibersihkan dengan sampo.

Lint mengatakan, demi mencegah kerusakan lebih lanjut, kita bisa mempertimbangkan untuk memasang sistem filter di pancuran yang akan membantu menyaring mineral pada air.

Baca: Manjakan Anak dengan Perawatan Pilihan di Dala Spa

Kita juga bisa melakukan perawatan rambut di salon dengan bantuan ahli tersertifikasi yang bisa membantu menghilangkan perubahan warna rambut karena air tersebut.

Menggunakan pre sampo juga bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi efek air keras pada rambut.

Pre sampo mengandung sealant untuk menangkal air, racun, dan penumpukan zat yang merusak rambut. Kita bisa menggunakan pre sampo di setiap rutinitas rambut, termasuk saat membilasnya dengan air.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat, Kualitas Air untuk Mandi Pengaruhi Kondisi Rambut"
Penulis : Ariska Puspita Anggraini

Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved