10 Ayam Warga Mati Mendadak, Pasar Burung Satria Disemprot Desinfektan

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Denpasar melakukan penyemprotan cairan desinfektan di Pasar Burung Satria, Jalan Veteran, Denpasar

10 Ayam Warga Mati Mendadak, Pasar Burung Satria Disemprot Desinfektan
Humas Pemkot Denpasar
Petugas melakukan penyemprotan cairan desinfektan di Pasar Burung Satria, Denpasar, Jumat (10/5/2019). Pasar Burung merupakan satu titik mata rantai dalam penyebaran virus flu burung. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Denpasar melakukan penyemprotan cairan desinfektan di Pasar Burung Satria, Jalan Veteran, Denpasar, Jumat (10/5/2019).

Ini sebagai antipasi mencegah jangkitan virus H5N1 atau flu burung dari titik hulunya, terutama di pasar-pasar hewan dan sentra peternakan unggas.

Satu persatu, kios para pedagang yang rata-rata menjual satwa unggas ini disemprot. Selain itu, para petugas dan dokter hewan melakukan pengecekan kesehatan hewan yang dijual.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, IB Sugiri menjelaskan, meski belum ada dijumpai kasus flu burung yang signifikan, pihaknya tetap melakukan penyemprotan secara rutin.

Terakhir, kata dia, kasus flu burung pernah dijumpai sekitar sebulan silam. Salah satu warga pehobi ayam tiba-tiba menjumpai ayam piaraannya mati mendadak. Ayam ini didatangkan dari luar Bali.

''Dari sekitar 20 ekor, ada 10 ekor ayam miliknya mati dalam waktu bersamaan,'' ungkapnya dikonfirmasi Tribun Bali.

Usai diperiksa di laboratorium, ayam-ayam ini dikatakan positif terjangkit virus flu burung. Kendati demikian, virus yang menyerang ayam-ayam ini diklaim tidak sampai menyebar ke unggas lain disekitarnya.

''Untung saja belum sampai kejadian. Kemungkinan sistem imun virusnya sudah tidak sekuat dulu seperti pada 2003 silam,'' akunya.

Sebab  itu, hingga saat ini memang diakui Bali belum seratus persen bebas dari kasus flu burung. Sehingga dengan penyemprotan disinfektan ini sebagai antisipasi memutus mata rantai penyebaran virus flu burung.

Penyemprotan ini merupakan kegiatan rutin dilaksanakan guna memastikan kesehatan hewan, khususnya di pasar hewan yang menjual unggas hidup.

Halaman
12
Penulis: eurazmy
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved