Pemkot Denpasar Akan Bentuk Tim Taboo, Satgas dan Aplikasi Anti Hoax

Pemerintah Kota Denpasar kini tengah bersiap menggodok pembentukan satgas baru guna menanggulangi dampak negatif dari perkembangan teknologi

Pemkot Denpasar Akan Bentuk Tim Taboo, Satgas dan Aplikasi Anti Hoax
Net
Ilustrasi. Pemkot Denpasar Akan Bentuk Tim Taboo, Satgas dan Aplikasi Anti Hoax 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemerintah Kota Denpasar kini tengah bersiap menggodok pembentukan satuan tugas (satgas) baru guna menanggulangi dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi.

Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Satgas yang akan dibentuk ini bernama Taboo (Tangkal dan Analisa Berita Bohong).

Satgas ini nantinya bertugas memantau dan membantu masyarakat dalam memverifikasi berita dan informasi yang mereka peroleh.

Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Diskominfo Denpasar, Gde Wirakusuma Wahyudi mengatakan, satgas ini nantinya juga ditunjang dengan sebuah aplikasi sederhana yang memantau dan mendeteksi keberadaan konten dan akun-akun di dunia maya.

Sementara, untuk skup pengawasan Taboo sendiri bersifat luas, tidak hanya berkisar soal mendeteksi konten-konten radikal maupun penyebar hoax.

Sifatnya nanti, jelas Wira lebih pada memacu tingkat literasi media masyarakat agar lebih bijak dan berhati-hati saat menerima informasi.

Baca: Divonis 14 Tahun dan 15 Tahun Penjara, Dua Pengedar Sabu & Ekstasi Lintas Pulau Menerima

Baca: Hakim Tolak Eksepsi Suyadi, Sidang Korupsi Pengadaan 4 Unit Kapal Inka Mina DKP Bali Dilanjutkan

Sehingga, perilaku negatif di media sosial yang berpotensi merusak ketenteraman masyarakat, khususnya di Bali bisa diredam.

''Lebih pada edukasi pada masyarakat untuk melakukan check & re-check terlebih dahulu sebelum menyebarluaskan informasi. Saring sebelum sharing,'' jelasnya kepada Tribun Bali, Sabtu (11/5/2019).

Secara teknis, terang Wira, Satgas Taboo nantinya memang lebih berbasis pada website.

Disana sejumlah data-data akan terdeteksi dan diverifikasi.

Halaman
123
Penulis: eurazmy
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved