Wiki Bali

TRIBUN WIKI : 5 Pantai di Nusa Penida Yang Miliki Pemandangan Eksotis Serta Instagramble

Menyebrang ke Nusa Penida untuk mencari suasana pantai yang berbeda dan tentunya instagramable.

TRIBUN WIKI : 5 Pantai di Nusa Penida Yang Miliki Pemandangan Eksotis Serta Instagramble
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Pantai Kelingking, Nusa Penida yang dikenal juga dengan nama lain 'The Hidden Paradise of Nusa Penida. 

TRIBUN BALI.COM, SEMARAPURA – Bosan dengan suasana sunset atau sunrise di pantai seputaran Denpasar, Kuta Selatan hingga ke Kuta Utara? 

Mungkin Tribuners perlu berjalan lebih jauh sedikit menyebrang ke Nusa Penida untuk mencari suasana pantai yang berbeda dan tentunya instagramable.

Pemandangan ini tentu indah serta memanjakan mata. 

Nah berikut 5 pantai di Nusa Penida dengan pemandangan yang eksotis :

1.       Pantai Atuh

Pantai Atuh
Pantai Atuh (Tribun Bali)

Pantai ini memiliki lanskap yang indah, sehingga sayang untuk dilewatkan. Bahkan, keindahan Pantai Atuh sering dibandingkan dengan Raja Ampat, sebab memiliki pemandangan gugusan pulau karang yang indah. Tak salah jika orang menyebut Pantai Atuh sebagai Raja Ampatnya Nusa Penida. Pantai ini berlokasi di Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Nusa Penida. Air di pantai ini masih tergolong jernih. Jika air sedang surut, kita juga dapat menikmati keindahan biota bawah laut. Tetapi jangan kalap untuk mengambil hewan ataupun terumbu karang di sana ya. Bagaimana pun, kita harus tetap menjaga kelestarian alam. Dari bibir pantai itu pula kita dapat melihat lebih jelas keunikan Pulau Melawang. Pulau tersebut merupakan pulau karang terbesar di sana.

2.       Crystal Bay

Dua orang wisatawan tampak menikmati keindahan Pantai Crystal Bay di Desa Sakti, Nusa Penida, Minggu (21/4/2019).
Dua orang wisatawan tampak menikmati keindahan Pantai Crystal Bay di Desa Sakti, Nusa Penida, Minggu (21/4/2019). (Tribun Bali/Eka Mita Suputra)

Pantai satu ini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan saat berkunjung ke Nusa Penida. Tidak hanya keindahan alamnya, jika beruntung wisatawan dapat bertemu ikan mola-mola yang langka ketika menyelam di perairan Crystal Bay. Pantai ini berjarak kurang lebih 15 Km dari Pelabuhan Sampalan, Nusa Penida. Pasir putih yang bersih dan mengkilap saat terpapar cahaya matahari, deburan ombak tenang, sayup-sayup angin pantai, dan pemandangan sebuah pulau kecil di seberangnya membuat pantai tersebut bak oasis di tengah keringnya suasana Nusa Penida. Terlebih ketika senja, birunya pantai terlihat sangat indah ketika berpadu dengan warna langit lembayung ketika matahari mulai tenggelam. Pantai Crystal Bay oleh warga sebenarnya dikenal dengan Pantai Penida. Crystal Bay merupakan nama populer yang disematkan oleh para wisatawan asing karena pantai ini memiliki air mengkilap dan bening bak sebuah kristal.

3.       Pantai Lumangan

Pemandangan Pantai Lumangan di Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Minggu (18/11/2018). Pantai ini adalah destinasi baru di Nusa Penida yang layak untuk dikunjungi.
Pemandangan Pantai Lumangan di Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Minggu (18/11/2018). Pantai ini adalah destinasi baru di Nusa Penida yang layak untuk dikunjungi. (Tribun Bali/Eka Mita Suputra)

Pantai Lumangan berjarak sekitar 20 Km atau 1,15 Jam perjalanan dari Desa Batununggul yang dikenal sebagai Kota Kecamatan di Nusa Penida. Pantai ini dihimpit oleh pantai Kelingking dan Pasih Uug. Sedikit berbeda dengan pantai lainnya di Desa Bungamekar, Pantai Lumangan  dikelilingi tebing curam dengan pesisir berupa batu karang. Relief alamnya menyerupai terowongan ombak mengikuti alur ombak yang masuk dari selatan. Jalan menuju pantai ini, masih berupa jalan setapak dan berkrikil. Pengunjung harus berjalan kaki, menuruni tabing karang.

4.       Pantai Kelingking

Kunjungan Stuart Collin ke Nusa Penida diketahui lewat unggahan di Instagram Story miliknya. Ia mengunggah potret Pantai Kelingking dari ketinggian, tampak juga terlihat tebing berbentuk kelingking yang cukup ikonik di sana. Selain Pantai Kelingking yang dkunjungi oleh Stuart, ada beberapa destinasi menarik lainnya yang wajib dijelajahi saat berkunjung ke Nusa Penida.
Kunjungan Stuart Collin ke Nusa Penida diketahui lewat unggahan di Instagram Story miliknya. Ia mengunggah potret Pantai Kelingking dari ketinggian, tampak juga terlihat tebing berbentuk kelingking yang cukup ikonik di sana. Selain Pantai Kelingking yang dkunjungi oleh Stuart, ada beberapa destinasi menarik lainnya yang wajib dijelajahi saat berkunjung ke Nusa Penida. (instagram/stuartcollin)

Pantai ini dikenal dengan nama lain 'The Hidden Paradise of Nusa Penida'. Nama ini karena letaknya yang tersembunyi dan membutuhkan perjuangan untuk menginjakan kaki di pantai ini. Warga di Banjar Karang Dawa lah yang semula menamai destinasi ini sebagai Pantai Kelingking, dan poluler oleh wisatawan dengan nama Kelingking Beach. Tidak salah jika wisatawan menyebut pantai ini sebagai surga tersembunyi, karena lokasinya yang berada didasar tebing. Dari atas bukit, biasanya wisatawan mengabadikan foto dari atas bukit dengan latar belakang bukit dan tebing menjorok ke laut yang berbentuk seperti kepala dinosaurus. Lokasi ini menjadi spot andalan wisatawan untuk berfoto. Pantai ini memiliki panorama yang masih sangat alami, dengan pasir berwarna putih bersih. Deburan ombak dan air pantai yang biru bersih membuat siapa saja ingin berenang di lokasi tersebut. Selain itu, di  perairan Banjar Karang Dawa ini juga dikenal  sebagai Manta Point. Lokasi ini menjadi spot diving bagi wisatawan untuk dapat berjumpa dan berenang bersama ikan pari manta yang langka.

5.       Pantai Pasih Uug

Berlokasi di Banjar Sompang di Desa Bunga Mekar, Nusa Penida Pantai Pasih Uug atau yang dijuluki wisatawan asing Broken Beach. Seperti namanya, pantai ini menawarkan pemandangan lautan yang biru, serta bentuk karang yang indah dengan lubang di tengahnya. Pasih Uug berarti pantai rusak, dan wisawatan asing mengenalnya dengan sebutan Broken Beach.  Jika dilihat dari atas dengan menggunakan pesawat tanpa awak atau drone, akan nampak pemandangan kolam alami dengan tebing di sekelilingnya. Pantai ini memiliki salah satu dinding karang yang berlubang, sehingga air laut dapat masuk ke dalam area di tengah tebing yang menyerupai kolam. Oleh karena itu, Pasih Uug juga dikenal dengan sebutan Pantai Karang Bolong atau Pantai Batu Bolong.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved