Warga Korbankan Sawah untuk Jalan Darurat, Pemkab Gianyar Belum Tangani Jalan Jebol

Sudah lebih dari enam bulan, jalan jebol di Banjar Taro Kaja, Desa Taro,Tegalalang tak mendapat perhatian Pemkab Gianyar

Warga Korbankan Sawah untuk Jalan Darurat, Pemkab Gianyar Belum Tangani Jalan Jebol
TRIBUN BALI/ I WAYAN ERI GUNARTA
Pengendara melintas di atas jalan jebol di Desa Taro, Tegalalang, Gianyar, Jumat (10/5/2019). Petani merelakan tanahnya jadi jalan darurat. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Sudah lebih dari enam bulan, jalan jebol di Banjar Taro Kaja, Desa Taro, Tegalalang tak mendapat perhatian Pemkab Gianyar.

Lantaran akses tersebut merupakan jalan utama, para petani setempat pun merelakan sejumlah tanah sawahnya untuk dipakai sebagai jalan.

Hal itu dilakukan supaya pengendara bisa lewat. Sebab setelah jebol, jalan yang tersisa hanya bisa dilewati sepeda motor.

Seorang warga setempat, Nyoman Agus, Jumat (10/5/2019) mengatakan, kondisi tersebut sudah terjadi lebih dari enam bulan lalu.

Saat ditanya terkait respon pemerintah terkait permasalahan ini, ia dan temannya menunjukkan raut wajah emosional.

"Jangankan diperbaiki, melakukan survei pun pemerintah tidak ada. Ini sana, berkat petani yang peduli atas akses ini, warga Taro tak terisolir. Petani merelakan tanahnya dipakai jalan," ujarnya lalu mendapat anggukan warga lainnya.

Pantauan Tribun Bali, kerusakan aksebilitas yang tak mendapat perhatian pemerintah bukan hanya di sini saja. Namum hampir terjadi di sejumlah kecamatan di Kabupaten Gianyar.

Satu tempat lainnya, di Banjar/Desa Sanding, Tampaksiring.

Di Banjar Sanding, jalan yang jebol tersebut memang tidak terlihat. Namun saat berada di atasnya, kodisinya sangat membahayakan pengendara. Terutama pengendara mobi besar, seperti truk.

Sebab jalannya sempit dan tanah di sepanjang areal jebol ini relatif labil.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved