12 Koperasi Tak Aktif di Kota Denpasar Akan Dibubarkan

Erwin menambahkan, kebanyakan koperasi yang tidak aktif yakni koperasi karyawan perusahaan.

12 Koperasi Tak Aktif di Kota Denpasar Akan Dibubarkan
Net
Ilustrasi Koperasi 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Hingga bulan Mei 2019 ini, terdapat 12 koperasi yang akan dibubarkan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, I Made Erwin Suryadharma Sena saat diwawancarai Senin (13/5/2019) siang.

Namun saat ini pihaknya masih melakukan pendataan lebih lanjut dan pengajuan pembubaran ke pusat akan dilaksanakan jika sudah terdata 25 koperasi yang memang tak aktif.

Sebelumnya sudah ada 79 koperasi yang dibubarkan di Denpasar karena sudah tidak aktif.

“Untuk pengajuan pembubarannya kita tunggu dulu biar sekalian 25 koperasi. Saat ini staf saya di Bidang Pengawasan masih mencari-cari koperasi yang tidak aktif,” katanya.

Jika dilapangan ditemukan koperasi yang tidak aktif, akan diberikan dua pilihan kepada pengurusnya, pertama mau dijalankan kembali atau membuat surat pernyataan siap dibubarkan dan ijinnya dicabut.

“Apakah mau melanjutkan koperasinya atau tidak. Kalau mau silahkan diaktifkan lagi, kalau tidak kami cabut dan biar gampang masing-masing pengurus buat surat pernyataan di atas materai bahwa ijinnya siap dicabut,” katanya.

Sesuai edaran dari Kementerian Koperasi, pihaknya juga mengatakan lebih baik tidak terlalu banyak ada koperasi namun aktif, daripada ada banyak koperasi tapi tidak aktif.

“Makanya yang tidak aktif dibubarkan saja dan yang bagus-bagus kita dorong. Namun permasalahannya mereka menggebu-gebu nyari ijin, setelah diberikan ijin tidak dijalankan alasannya berat di lapangan,” imbuh Erwin.

Erwin menambahkan, kebanyakan koperasi yang tidak aktif yakni koperasi karyawan perusahaan.

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved