Tahun 2019 Ini, Denpasar Mulai Salurkan KUR untuk yang Akan Bekerja ke Luar Negeri

Tahun 2019 ini cakupannya akan diperluas oleh pemerintah, di mana mereka-mereka yang bekerja di luar negeri bisa dapat akses KUR

Tahun 2019 Ini, Denpasar Mulai Salurkan KUR untuk yang Akan Bekerja ke Luar Negeri
Tribun Bali/Putu Supartika
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, I Made Erwin Suryadharma Sena 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Di Bali, khususnya di Kota Denpasar, Kredit Usaha Rakyat (KUR) biasanya kiblatnya hanya untuk usaha kecil, baik perdagangan maupun jasa untuk masyarakat kalangan bawah.

Namun, di tahun 2019 ini Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar kan menyalurkan KUR untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau mereka yang akan bekerja di luar negeri.

“Tahun 2019 ini cakupannya akan diperluas oleh pemerintah, di mana mereka-mereka yang bekerja di luar negeri bisa dapat akses KUR. Anak-anak kita yang bekerja ke luar negeri dan memiliki kendala biaya tak bisa berangkat bisa memanfaatkan KUR ini,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, I Made Erwin Suryadharma Sena saat diwawancarai Senin (13/5/2019).

Dengan adanya KUR untuk TKI ini, bisa dimanfaatkan untuk pengurusan visa, pasport, serta biaya keberangkatan.

Baca: Pria ini Ancam Bunuh Semua Penumpang Saat Pesawat Mengudara, Ingin Buka Paksa Pintu Darurat

Baca: Begini Tanggapan Wapres Jusuf Kalla Mengenai Tuduhan Petugas KPPS Diracun

“Dalam waktu dekat ini, kami berencana mengundang Dinas Pariwisata dan perusahaan penggerak tenaga kerja. Kami akan coba sosialisasikan, kalau ada anak didik ke luar silahkan akses KUR ke bank. Teknisnya bank yang tahu,” imbuhnya.

Erwin mengatakan, seseorang yang telah menerima job letter dari perusahaan luar negeri bisa langsung mengakses KUR ini di bank.

Nantinya, pembayarannya dilaksanakan setiap bulan dengan jalan ditransfer ke bank tempat peminjaman KUR tersebut yang sebelumnya juga telah dilaksanakan penandatangan MoU agar tak disalahgunakan.

Erwin tak memaparkan kapan target KUR TKI ini bisa terealisasi di Kota Denpasar, namun ia menekankan bahwa tahun 2019 akan dilaksanakan secepatnya.

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved