Stressing Pengucapan Bahasa Rusia Bisa Mengubah Makna, Ini Kata Pengajar Russian Centre Bali

Kalau tidak bisa menempatkan stressing dalam pengucapan kata bahasa Rusia, ada dua kemungkinan yang terjadi.

Stressing Pengucapan Bahasa Rusia Bisa Mengubah Makna, Ini Kata Pengajar Russian Centre Bali
Tribun Bali/Kander Turnip
Inhouse training bahasa Rusia di Ayodya Resort Bali Jalan Pantai Mengiat, Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Bali, Selasa (14/5/2019). 

Stressing Pengucapan Bahasa Rusia Bisa Mengubah Makna, Ini Kata Pengajar Russian Centre Bali

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Russian Centre Bali menggelar pelatihan (inhouse training) bahasa Rusia di Ayodya Resort Bali Jalan Pantai Mengiat, Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Bali, Selasa (14/5/2019) lalu.

Dalam pertemuan kedua ini, Staf pengajar bahasa Rusia di Russian Centre Bali, Putu Adnyana mengajarkan banyak hal terkait bahasa Rusia, di antaranya tentang stressing (penekanan) dalam pengucapan kata bahasa Rusia yang bisa mempengaruhi makna sebuah kata.

"Kalau tidak bisa menempatkan stressing dalam pengucapan kata bahasa Rusia, ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, makna kata itu akan berubah sama sekali. Atau kedua, kata tersebut tidak memiliki makna," kata owner Russian Centre Bali tersebut.

BACA JUGA: Optimalkan Pelayanan, Ayodya Resort Bali Gelar Training Bahasa Rusia

Stressing dalam sebuah kata bahasa Rusia biasanya dilakukan pada huruf vokal sebuah kata.

Putu Adnyana menyontohkan, kata Мука (Muka) dengan stressing di huruf У (u) memiliki arti siksa atau azab. Sedangkan kata Мука dengan stressing di huruf A (a) memiliki arti tepung.

Sedangkan pada kata Молоко (susu) jika caranya membacanya salah akan membuat kata tersebut tidak bisa dipahami oleh penutur bahasa Rusia.

Stressing di huruf O pertama kata tersebut akan berbunyi Molaka, jika stressing di huruf O kedua akan terbaca Maloka, yang keduanya tidak memiliki arti dalam bahasa Rusia.

Pengucapan yang tepat pada kata Молоко adalah stressing-nya di huruf O ketiga, sehingga berbunyi Malako, yang artinya susu.

Halaman
12
Penulis: Kander Turnip
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved