Tujuh Warga Jembrana Mengaku Kena Tipu Agen Penyalur Kerja ke Afrika

Sebanyak tujuh warga Banjar Tembles, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Jembrana mengaku tertipu oleh oknum agen kerja ke luar negeri.

Tujuh Warga Jembrana Mengaku Kena Tipu Agen Penyalur Kerja ke Afrika
Tribun Bali/I Made Ardhiangga
Tribun Bali/I Made Ardhiangga LELAH MENUNGGU - Warga berkumpul di kawasan Banjar Tembles Mendoyo untuk mengeluhkan kasus dugaan penipuan pemberangkatan ke Afrika, Selasa (14/5/2019). Mereka minta uangnya dikembalikan dari agen penyalur kerja. 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA -- Sebanyak tujuh warga Banjar Tembles, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Jembrana mengaku tertipu oleh oknum agen kerja ke luar negeri.

Katanya mereka akan diberangkatkan ke Afrika dengan membayar dana awal. Namun ternyata keberangkatan mereka tak kunjung terealisasi hingga kini.

Mereka pun meminta pertanggungjawaban ke agen tersebut.

"Sudah bayar tapi tidak ada ujungnya seperti apa," ucap Made Ogita (30), satu di antara tujuh orang yang mengaku kena tipu, Selasa (14/5). 

Baca: 28 Kilo Bleng Disita dari Pedagang Kelontong di Jembrana, Apa Itu Bleng?

Ogita mengaku telah  menyetorkan uang  dengan besaran Rp 6.250.000.

Uang itu dikatakan oleh agen untuk biaya paspor, Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI), termasuk setoran ke bos yang menampungnya di Afrika.

Sehari-hari Ogita bekerja menjadi pengangon bebek di kampungnya. Ia ingin mengubah nasib dan berangkat ke Afrika yang dijanjikan sebagai buruh untuk pengerjaan vila.

Kata dia seluruh uang yang pernah disetorkan itu diberikan melalui seorang perantara perangkat  desa yang  juga  berasal dari Banjar Tembles.

"Uang itu melalui perantara itu. Kami serahkan pada 23 Mei 2018 dilengkapi kuitansi. Masalahnya ini sudah setahun gak ada kabar apa," ungkapnya.

Ogita mengatakan, yang akan memberangkatkannya bernama Gusti Ngurah Kamayana asal Lingkungan Awen Kelurahan Leleteng, Negara.

Halaman
123
Penulis: I Made Ardhiangga Ismayana
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved