Sering Dikeluhkan Gersang, 75 Palem akan Ditanam di Pelataran Pasar Badung

Dalam waktu dekat, sejumlah 75 unit pohon jenis palem akan menambah area penghijauan untuk menambah keasrian Pasar Badung

Sering Dikeluhkan Gersang, 75 Palem akan Ditanam di Pelataran Pasar Badung
Tribun Bali/I Putu Supartika
Pasar Badung dari luar yang sering dikeluhkan gersang akan ditanami pohon perindang. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - PD Pasar Kota Denpasar berencana menambah area penghijauan untuk menambah keasrian Pasar Badung.

Dalam waktu dekat, sejumlah 75 unit pohon jenis palem dengan anggaran senilai sekitar Rp 150 Juta telah diusulkan dalam Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) tahun 2019.

Direktur Utama PD Pasar Kota Denpasar, Ida Bagus Kompyang mengatakan, usulan ini sedang dalam penyusunan konsep penataan sebelum nantinya diajukan ke Badan Pengawas Internal.

''Konsep masih dibuat, karena masih harus sinkron dengan penataan Pasar Kumbasari. Dalam waktu dekat, akan kita susun anggarannya pada anggaran perubahan nanti,'' ungkapnya.

Ditargetkan, penyusunan rencana penataan ini selesai sebelum bulan Juli mendatang. Sehingga pada sebulan setelahnya pada Agustus mendatang, penataan penghijauan bisa segera direalisasikan.

Konsep penataan vegetasi akan ditata di pelataran depan pasar. Konsep penataan pohon palem hanya berupa ditanam di pot-pot saja, bukan dalam bentuk planter box.

''Masing-masing pohon akan dipasang berjejer agak rapat untuk mendapatkan kesan rindang sekaligus menjadi pembatas sekat-sekar parkir,'' kata dia.

Kendati demikian, pihaknya merespon positif usulan solusi penambahan area hijau berupa planter box.

Sebagaimana diketahui, usulan planter box ini datang dari Putu Rumawan Salain, Dosen dan Praktisi Tata Ruang Kota Universitas Udayana.

Dikatakan Rumawan, teknologi planter box merupakan alternatif solusi penghijauan dimana lahan produktif sangat terbatas, terutama di perkotaan.

Halaman
123
Penulis: eurazmy
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved