TOTALLY, Kegiatan IT2D ke-9 Jurusan Pendidikan Teknik Informatika

TRIBUN-BALI.COM - Setiap tahunnya Jurusan Pendidikan Teknik Informatika (PTI) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) mengadakan acara IT2D (Information Technology Today) sebagai rangkaian perayaan Ulang Tahun Jurusan PTI.

Pada Tahun ini Jurusan PTI mengadakan Ulang Tahun yang ke-10, IT2D yang ke-9.

Sebagai awal perayaan Ulang Tahun Jurusan PTI yang ke-10, IT2D ke-9 diadakan kegiatan Jalan Sehat pada hari Minggu, 24 September 2017.

Diawali dengan adanya kegiatan Jalan Sehat bertujuan untuk mengawali kegiatan IT2D 9 dengan jiwa dan raga yang sehat sehingga bisa menyelenggarakan kegiatan dengan semangat.

Setelah semua Mahasiswa dan Dosen PTI tiba di lokasi, peregangan badan pun dilakukan, dengan melakukan beberapa senam yang energik dan menarik.

Dengan semangat kegembiraan seluruh Mahasiswa dan Dosen mengikuti gerak senam yang dilakukan oleh instruktur senam.

undiksha (Istimewa)

Tidak lupa juga ada Maskot PTI yang ikut serta senam. Maskot PTI yang dimaksud ialah Tude.

Tude merupakan makhluk berupa alien yang berwarna biru muda yang sangat lucu dan imut, tidak jarang Mahasiswa dan Dosen ingin mengabadikan moment dengan cara selfie ataupun groufie bersama Tude.

Setelah beberapa menit melakukan peregangan badan, acara selanjutnya yaitu pengundian kupon doorprize.

Berbagai hadiah yang diberikan saat doorprice ini seperti Flashdisk, CD Web Development, Game Joystick, Kipas Angin, dan Printer.

Disela-sela pengundian doorprice, terdapat game yang diadakan yaitu lomba tarik tambang.

Keseruan kegiatan ini terus berlanjut sampai di penghujung acara kegiatan Jalan Sehat. Akustik pun ikut mengiringi kegiatan jalan sehat yang dilaksanakan.

Setelah akustik selesai menampilkan atraksinya doorprice yang ditunggu-tunggu pun yaitu printer dan kipas angin telah diundi. Doorprice tersebut didapatkan oleh mahasiswa semester 1 yang pada kesempatan itu memiliki keberuntungan yang tinggi.

Keesokan harinya Senin, 25 September 2017 diadakan Pembukaan kegiatan IT2D 9.

Dekan Fakultas Teknik dan Kejuruan yang membuka secara resmi Kegiatan IT2D 9 ini dengan menggunakan aplikasi VR memanah balon.

Undiksha (Istimewa)

Aplikasi VR ini merupakan singkatan dari Virtual Reality.

Virtual Reality merupakan suatu teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan dan ditampilkan secara virtual dan pengguna seperti berada dalam keadaan tersebut.

Aplikasi VR ini sebelumnya dibuat oleh kelompok mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Informatika yang terdiri dari I Wayan Cikayana, I Nyoman Kristian Wisnu Putra, Made Aditya Pranata, dan Robby Wijaya Khoerniawan.

Berdasarkan wawancara secara tidak langsung,

Mahasiswa tersebut membutuhkan waktu sekitar satu minggu mulai pada bulan Juli 2017 minggu pertama ditambah revisi dari Dosen Pembimbing.

Dosen Pembimbing yang dimaksud ialah I Made Agus Wirawan, S.Kom., M.Cs, I Gede Mahendra Darmawiguna, S.Kom.,M.Sc., dan Gede Saindra Santyadiputra,S.T.,M.Cs.

Setelah sempat gagal satu kali dalam memanah balon melalui aplikasi VR ini, pada akhirnya balon bisa dipanah oleh Bapak Dekan FTK. Sehingga Acara IT2D 9 Jurusan Pendidikan Teknik Informatika resmi dibuka.

Dari kesemua kegiatan yang dilakukan, tidak lepas dari tema IT2D tahun ini yaitu “The Synergy of Technology and Culture for Future Education”.

Tujuannya yaitu ketika Teknologi dan Budaya saling berkolaborasi akan membentuk atau membangun sesuatu yang bermanfaat sehingga akan mempengaruhi Pendidikan masa depan dengan tidak menghilangkan Budaya yang ada.

Pada IT2D ke-9 ini I Made Yogi Pradnyana dari mahasiswa semester 5 dipercayai sebagai Ketua Panitia kegiatan ini.

Kegiatan IT2D 9 dilaksanakan kurang lebih selama satu minggu, yang setiap hari nya terdapat berbagai jenis lomba yang diadakan dan disetiap Lomba mencari Juara I, II, dan III.

Berikut merupakan list Lomba yang diadakan Serangkaian kegiatan IT2D 9 Jurusan Pendidikan Teknik Informatika beserta nama pemenangnya:

1.      Lomba Game PES dimenangkan oleh : Juara I atas nama Faozan Aziem yang mendapatkan hadiah berupa uang sebesar Rp 400.000,00. Juara II diraih oleh Gede Eka Prawira dengan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 300.000,00. Sedangkan Juara III mendapatkan uang hadiah sebesar Rp 150.000,00 yang diraih oleh Anggiat A.Gultom.

2.      Lomba Game Mobile Legends : Yang mendapatkan Juara I yaitu dari team SAGS dengan memperoleh hadiah uang sebesar Rp 1.000.000,00, Juara II dari team GANK memperoleh hadiah uang sebesar Rp 500.000,00, dan Juara 3 dari team CKLT memperoleh hadiah uang sebesar Rp 300.000,00.

3.      Lomba Game Dota 2 : Juara I diperoleh oleh team Red House dengan hadiah uang sebesar Rp 1.000.000,00. Juara II dari team MOB mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 500.000,00. Dan Juara III diraih oleh team Djingga Crussaders dengan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 300.000,00.

4.      Lomba Desain Art Competition katagori Fotografi, dimenangkan oleh : Ni Putu Novi Anggreni berasal dari Harmoni Singaraja yang menduduki juara I, juara II diduduki oleh peserta atas nama Ni Luh Novita Sari berasal dari SMK Negeri 1 Sawan dan peserta atas nama I Made Arta Wijaya mendapatkan juara III yang berasal dari SMA LAB Undiksha.

5.      Lomba Desain Art Competition katagori Animasi, yang dimenangkan oleh : Juara I yaitu dari SMK Negeri 1 Mas Ubud atas nama Gali Siwa Bawa dan Bayu Premana Sedana, Juara II diraih oleh I Gede Deva Krishna dan Yosef dari SMK Negeri 1 Mas Ubud, dan Juara III diperoleh oleh SMK Negeri 1 Sukasada atas nama Made Ardi Sudipta dan Ketut Ayu Indrawati.

6.      Lomba Desain Art Compatition kategori Desain Grafis, yang dimenangkan oleh : Juara I diperoleh oleh I Dewa Putu Semadi yang berasal dari SMA Negeri Bali Mandara, Juara II diperoleh oleh Kadek Wina Jayanti yang berasal dari SMK Negeri Bali Mandara, dan Juara III diraih oleh Pande Putu Sastra Wibawa berasal dari SMA Negeri 1 Kuta Selatan.

7.      Lomba Olimpiade TI, yang dimenangkan oleh : Juara I diperoleh oleh Ida Ayu Krisna Cantika Dewi berasal dari SMA Negeri 1 Singaraja, Abhi Satria Wisesa dari SMA Negeri 1 Singaraja menduduki Juara II, dan sebagai Juara III diperoleh oleh A.Khoirul Rizal dari SMA Negeri 1 Seririt.

8.      Lomba Essay Ilmiah TIK, yang dimenangkan oleh : Dari Kategori Siswa yang mendapatkan Juara I atas nama Nyoman Aubinia Saraswati berasal dari SMA LAB Undiksha, Fernanda Firdania mendapatkan Juara II berasal dari SMA LAB Undiksha, sedangkan atas nama Ayu Cetiya Mahayekti berasal dari SMA Negeri 1 Singaraja  mendapatkan Juara III. Dari katagori mahasiswa, yang mendapatkan Juara I atas nama Nyoman Ari Purnaya, Juara II diduduki oleh Ni Ketut Erna Muliastrini, sedangkan Juara III diduduki oleh Ni Made Widyanti Dwi Putri.

9.      Lomba Musik Kolaborasi : Juara I dengan nama team Extosic SMANSA, Juara II diperoleh oleh Avandria Collaboration, dan Rare Harmony mendapatkan Juara III.

10.  Lomba Film Pendek (Education Film Festival), yang dimenangkan oleh : Juara I diraih oleh SMK Negeri 1 Sukasada tim Multimedia dengan judul film “Galang Kangin”, Juara II diraih oleh SMK Negeri 1 Sukasada tim DKV dengan judul “Nyawa”, dan yang menjadi Juara III adalah SMK Negeri 3 Singaraja dengan judul film “Temukan”.

11.  Lomba Penggalian Data dan Informasi, pemenangnya adalah : Dari Katagori SMP yang mendapatkan Juara I adalah Ida Ayu Shanti Pinandita Erawan dari SMP Negeri 1 Singaraja, Juara II diperoleh oleh Kadek Erlinda Astuti berasal dari SMP LAB Undiksha, dan Juara III diraih oleh I Putu Wikanta Putra dari SMP LAB Undiksha. Sedangkan dari Katagori SMA yang meraih Juara I ialah Ida Ayu Kade Pradnyawati dari SMA Negeri 1 Singaraja, Juara II diraih oleh Ni Ketut Candra Puspita dari SMA Negeri Bali Mandara, dan yang mendapatkan Juara III atas nama Dewa Putu Adiatma Pradnyana dari SMA Negeri 1 Singaraja.

12.  Star Up Game Development Competition (GGC) : Juara I dari team Kids Jaman Now dengan anggota Ari Fathurriza, I Wayan Arya Surya Dentha, dan Dewa Made Saka Dwi Ardita yang berasal dari SMK Negeri 1 Kuta Selatan, Juara II diraih oleh team Balinis Team dengan anggota I Made Pegi Kurnia Amerta, Widya Dharma Sidi, Wahyu Guna Negra, dan Gede Putra Dharmajaya yang berasal dari Universitas Udayana, sedangkan Juara III diraih oleh team Night’s Watch dengan anggota Wahyu Untono, Yudi Okianto Pradnyantara, dan Gede Krisnha Okta Atmaja yang berasal dari STMIK Primakara.

Selain mengadakan lomba-lomba, dalam serangkaian kegiatan IT2D 9, terdapat pula kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M). P2M ini dilakukan dibeberapa tempat yaitu Desa Silangjana, Desa Les, dan Desa Tembok Kabupaten Buleleng.

P2M di Desa Silangjana mengadakan pembersihan dan pelatihan Microsoft Word 2010 kepada 20 siswa dari SD Negeri 1 Silangjana.

Sedangkan P2M yang dilakukan di Desa Les dan Desa Tembok merupakan sosial event terkait kepedulian terhadap warga Karangasem yang mengungsi di posko bencana Gunung Agung.

Rabu, 04 Oktober 2017 sebagai penutup kegiatan IT2D 9 diselenggarakan PASUPATI. Pagelaran Akhir Serangkaian Ulang Tahun Pendidikan Teknik Informatika.

Acara ini dilakukan di Gedung Kesenian Gde Manik Buleleng. Guest Star yang ditampilkan yaitu Jun Bintang. Selain menampilkan Guest Star, terdapat pula penampilan-penampilan yang lainnya, seperti penampilan lagu Jingle PTI yang diciptakan dari salah satu Mahasiswa PTI bersama group band nya, kemudian ada penampilan dari pemenang Lomba Musik Kolaborasi, Penampilan dari Mahasiswa angkatan 2015, 2016, dan 2017, pengumuman dosen terfavorit, pesan dan kesan dari Alumni PTI, pengumuman pemenang Selfie Contest IT2D 9, penampilan Band Stupid Fruit, penampilan Fire Dance yang dibawakan oleh mahasiswa PTI.

Selain itu pengambilan piala dari peserta juara masing-masing lomba diadakan pada saat PASUPATI ini.

Dalam kelancaran dan kesuksesan acara ini, terdapat sponsorship dan media partner. Kegiatan ini disponsori oleh Teh Botol Sosro, Pondok Media, BlueCreatif, Yeh Buleleng, GaneshCom, Ideal Is Me, Berutz Store, Oppo Smartphone, POP Hotel, dan Techno Computer and Printing. Dengan Media Partner yaitu Info Singaraja, Punapi Bali, Info Denpasar, Swara Teknika, dan Citra Bali.

Adapun pesan yang disampaikan oleh Bapak Dr. I Gede Sudirtha, M.Pd. selaku Dekan Fakultas Teknik dan Kejuruan untuk Jurusan Pendidikan Teknik Informatika (PTI) yaitu supaya Jurusan PTI bisa tetap berkontribusi pada pembangunan Bangsa dan Negara terutama dalam pembangunan melalui Bidang Pendidikan dan Teknologi, semoga harapan-harapan yang disampaikan bisa terwujud untuk mewujudkan kemanusiaan Indonesia yang cerdas dan tentunya memiliki karakter yang hebat.

Sedangkan Pesan yang disampaikan oleh Bapak I Made Agus Wirawan, S.Kom., M.Cs  selaku Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Informatika ialah semoga kegiatan IT2D lebih berinovasi kedepannya dan Jurusan Pendidikan Teknik Informatika semakin Jaya. (*)