Breaking News:

Sarbagi

Dulu Nge-Band The Beatles, Nawa Sanga Kini Nari Calonarang

Kekompakan Sembilan Perbekel Puniakan Uang di Pura

Dulu Nge-Band The Beatles, Nawa Sanga Kini Nari Calonarang
TRIBUN BALI/I PUTU DARMANDRA
Gusti Nyoman Gede Susila personel Nawa Sanga

Kebersamaan sembilan perbekel di Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, patut jadi contoh. Dulu nge-band, sekarang kekompakan mereka disalurkan untuk ngasah pura sebagai pragina Calonarang.

TRIBUN-BALI.COM - ADA yang beda dengan sembilan perbekel yang ada di Kecamatan Blahbatuh.

Di balik kegiatan dinas yang menjadi kesibukan sehari-hari, rupanya mereka memiliki sisi lain yang cukup unik dan menarik.

Lewat kumpul santai sembari menyeruput kopi, mereka bersembilan atau beken disebut Nawa Sanga memiliki ide ngayah di pura sebagai pragina (penari) seni pentas Calonarang.

"Sekitar tiga tahun yang lalu, ide ini muncul. Kami bersama punya visi yang sama rupanya. Ingin ngayah di pura dengan konsep yang lebih religius. Jawabannya adalah pentas seni Calonarang," ujar Perbekel Desa Bona, Gusti Nyoman Gede Susila pada Tribun Bali di lingkungan Pemkab Gianyar, Bali, Senin (9/2/2015).

Nawa Sanga, sebutan sembilan perbekel Blahbatuh yang dulunya dikenal sebagai grup band yang membawakan lagu-lagu oldies sekelas The Beatles dan Koes Ploes ini, memiliki ide yang cukup progresif.

Mereka berencana membuat pagelaran Calonarang dengan menggabungkan unsur kekinian.

"Maksudnya saat pentas Calonarang di pura, unsur modern kita masukkan tanpa bermaksud menghilngkam pakem. Gambarannya bagimana orang itu mati, dari sakit sampai di rumah sakit, meninggal dan diupacarai di bale dangin. Itu modelnya," cetus Gusti Susila.

Latar belakang sebagai seniman membuat sembilan perbekel di Blahbatuh ini, semakin bersemangat.

Gayung pun bersambut. Mereka pentas untuk pertama kalinya sebagai pragina Calonarang di Pura Puseh Desa Keramas dua tahun lalu.

Halaman
12
Penulis: I Putu Darmendra
Editor: Rizki Laelani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved