Doktor Emral Ambus Ini Sosok di Balik Sukses Pelatih Bali United

Rata-rata para pelatih saat ini, pernah merasakan didikannya. Sebut saja, mulai dari Indra Sjafri yang sekarang jadi pelatih Bali United Pusam.

Doktor Emral Ambus Ini Sosok di Balik Sukses Pelatih Bali United
pssi.org
Dr Emral Abus MPd

NAMA Doktor Emral Abus MPd memang bagi sebagian besar orang agaknya masih asing. Namun tidak asing di kalangan para pelatih. Dialah sang pelatih dari para pelatih sepak bola di Indonesia.

Emral Abus atau yang biasa dipanggil Uncu (yang berarti paman dalam bahasa Minang) ini adalah instruktur AFC di Indonesia selain Satya Bagja (asisten pelatih Persija Jakarta).

Uncu juga merupakan instruktur FIFA untuk grassroot dan merupakan instruktur koordinator untuk Indonesia. Tidak salah jika lelaki ini disebut sebagai ‘guru besar’ bagi para pelatih sepakbola Indonesia.

Rata-rata para pelatih saat ini, pernah merasakan didikannya. Sebut saja, mulai dari Indra Sjafri yang sekarang jadi pelatih Bali United Pusam, pelatih Persib Djadjang Nurdjaman, Aji Santoso, Salahudin, Kashartadi, sampai Wolfgang Pikal, adalah beberapa nama yang pernah merasakan sentuhan dan bimbingannya.

“Guru besar pelatih, saya terkejut juga ada yang menyebut seperti itu. Tapi sebenarnya saya hanya melakukan apa yang menjadi tugas saya, karena saya sering dimintai sebagai tenaga edukatif di PSSI,” ucap pria yang juga seorang teknokrat olahraga di Universitas Negeri Padang, saat pssi.org mendapatkan kesempatan berbincang dengannya di Sawangan, akhir pekan lalu.

Untuk lingkup sepakbola Sumbar, Uncu juga berjasa besar mengorbitkan sejumlah pelatih muda. Mencuatnya nama Nilmaizar, Indra Sjafri, dan Jafri Sastra juga tak terlepas dari peran Uncu.

Dirinya dengan bangga mengakui kalau dialah yang menemukan bakat-bakat seperti mereka.

Indra Sjafri misalnya, Uncu inilah yang memperkenalkannya kepada para petinggi PSSI di Jakarta, karena dia melihat potensi Indra sebagai pelatih sangat baik, dan lantas kemampuannya dimanfaatkan oleh PSSI sebagai pelatih timnas U-19.

“Saya itu yang menemukan Indra Sjafri. Bukan karena sekampung, saya merekomendasikan Indra, tapi karena memang dia cerdas dan punya segalanya untuk jadi pelatih yang baik. Anda juga sekampung dengan saya, tapi apa lantas saya akan tunjuk Anda sebagai pelatih? Tidak kan. Anda harus punya kecakapan sebagai pelatih. Itu yang saya lihat dari sosoknya,” jelas Uncu, Sabtu (21/2).

Begitu pun Nil Maizar, bahkan Uncu yang menemukan Nil, semasa Nil muda berusia 17 tahun memperkuat tim kota Payakumbuh di Porda Sumbar tahun 1986.

Dari rekomendasi Uncu, Nil masuk Diklat PPLP Sumbar, yang akhirnya menjadi jalan bagi Nil masuk Tim Garuda II 1987 dan timnas Pra Olimpiade 1991.

Nil boleh dikatakan murid tulen Uncu setelah pensiun jadi pemain, dalam meniti karier sebagai pelatih.

“Nil sejak jadi pemain sudah menunjukkan potensinya, sangat komplet, mau belajar, cerdas, dan intelektual di atas rata-rata. Tak terlalu mengherankan di dunia kepelatihan pun dia mampu,” tutup Uncu yang pernah mengikuti kursus pelatih sepak bola di Universitas Leipzig Jerman tahun 1993.

Profil Sang Doktor Pelatih Para Pelatih
- Nama Lengkap: Dr Emral Abus MPd
- Tempat, Tanggal Lahir: Lubuk Nyiur, Pesisir Selatan, Sumatera Barat / 20 Desember 1958
- Pekerjaan Utama: Dosen Pendidikan Olahraga FIK UNP Padang
- Pengalaman Kerja:
* Dosen Jurusan Pendidikan Olahraga
* Koordinator Instruktur Pelatih PSSI
* Anggota Komisi Etika Pengprov PSSI Sumbar
* Ketua Komisi Litbang Pengda PSSI Sumbar
* Anggota Komisi Litbang PSP Padang
* Anggota Technical Study Group Piala Asia Sepakbola 2007
* Pelatih PSP Padang
* Pelatih Kepala PPLP Sepakbola Padang
* Asisten Pelatih PPLP Sepakbola Padang
* Pelatih Fisik PSPS Pekanbaru
* Pelatih Fisik PSDS Deli Serdang
* Direktur Teknik PSPS Pekanbaru
* Penasehat/Pelatih PORDA Pessel
* Ketua Komisi Pembinaan Klub Sepakbola UNP Padang
* Instruktur Pelatih Sepakbola AFC/Nasional 2000-sekarang
* Ketua Umum Persatuan IKBL Lubuk Nyiur Bt. Kapas Pesisir Selatan Periode 2011-2015
* Pengurus Assosiasi PSSI Sumbar 2013-2018
* Exco Assosiasi PSSI Kota Padang Periode 2014-2019. (*)

Editor: Kander Turnip
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved