Ini Kronologi Kasus Narkoba Kelompok Bali Nine

Berikut ini kronologi bagaimana kasus penyelundupan narkoba oleh sembilan warga Australia, yang dikenal dengan nama kelompok Bali Nine tersebut.

Ini Kronologi Kasus Narkoba Kelompok Bali Nine
kompas.com
Sebagian anggota kelompok Bali Nine tidak lama setelah tertangkap mencoba menyelundup lebih 8 kg heroin ke Australia. 

TRIBUN-BALI.COM - Eksekusi terhadap terpidana mati asal Australuia Myuran Sukumaran dan Andrew Chan bersama terpidana mati lainnya telah berlangsung di Nusakambangan.

Berikut ini kronologi bagaimana kasus penyelundupan narkoba oleh sembilan warga Australia, yang dikenal dengan nama kelompok Bali Nine tersebut.

17 April 2005 - Sembilan warga Australia ditangkap di bandar udara Ngurah Rai
Sembilan warga Australia ditangkap di Bandara Udara Ngurah Rai, Bali, dengan tuduhan berupaya menyelundupkan lebih dari delapan kilogram heroin keluar dari Indonesia. Martin Stephens, Renae Lawrence, Scott Rush dan Michael Czuga ditangkap di bandara dengan mengikat paket heroin ke tubuh mereka. 

Sementara tiga lainnya, Si Yi Chen, Tan Duc Thanh Nguyen dan Matthew Norman ditangkap di Hotel Maslati dekat Pantai Kuta dengan kepemilikan 300 gram heroin. Andrew Chan dan Myuran Sukumaran ditangkap di bandara karena dianggap terkait dengan tujuh warga yang ditangkap.

Sementara itu, Kepolisian Federal Australia (AFP) mengkonfirmasi telah memberikan informasi kepada kepolisian Indonesia untuk melakukan penyelidikan soal upaya penyelundupan heroin tersebut. 

Scott Rush dan Renae Lawrence pernah menggugat Kepolisian Federal Australia karena telah menyampaikan informasi ke Indonesia sehingga mereka ditangkap. Pengacara mereka mengatakan tindakan oleh Kepolisian Federal Australia telah melanggar perjanjian bilateral, di mana informasi hanya bisa dikeluarkan oleh jaksa agung.

11 Oktober 2005 - Persidangan dimulai
Persidangan untuk Michael Czugaj dan Myuran Sukumaran dilakukan pada tanggal 11 Oktober 2005 di Denpasar. Keesokan harinya persidangan digelar untuk Matthew Norman, Si Yi Chen, dan Tan Duch Than Nguyen. Keesokan harinya, giliran Andrew Chan dan Scott Rush yang memenuhi panggilan persidangan. 14 Oktober, persidangan untuk Renae Lawrence dimulai.

13 Februari 2006 - Para tersangka dijatuhi hukuman
Renae Lawrence dan Scott Rush dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Hakim mengatakan tidak ada bukti untuk mendukung klaim bahwa mereka telah dipaksa membawa obat-obatan dengan ancaman anggota keluarga mereka akan dibunuh. Sebelumnya hukuman bagi Lawrence adalah penjara selama 20 tahun.

Pada 14 Februari Andrew Chan dan Myuran Sukumaran dinyatakan bersalah dengan ancaman hukuman mati. Mereka dianggap telah menyediakan uang, tiket pesawat, dan hotel kepada para penyelundup. Sementara Michael Czugaj dan Martin Stephens dihukum penjara seumur hidup.

Keesokan harinya, Matthew Norman, Si Yi Chen dan Tan Duc Thanh Nguyen diputuskan bersalah dengan hukuman penjara seumur hidup.

6 September 2006 - Hukuman bagi tiga tersangka diperberat
Hukuman bagi Scott Rush, Thanh Nguyen, Si Yi Chen, dan Matthew Norman diperberat menjadi hukuman mati, setelah sebelumnya mereka mengajukan banding untuk mendapat hukuman yang lebih ringan.

Sementara hukuman bagi Michael Czugaj yang sempat diturunkan menjadi hukuman 20 tahun penjara ditingkatkan menjadi hukuman penjara seumur hidup.

Halaman
123
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved