Skor Masih 4-3 untuk KPK, Tapi Kalah Telak di Praperadilan Hadi Poernomo

Salah-satu gugatan praperadilan yang dimenangkan KPK adalah yang terkait penetapan status tersangka terhadap Jero Wacik.

Skor Masih 4-3 untuk KPK, Tapi  Kalah Telak di Praperadilan Hadi Poernomo
TRIBUNNEWS.COM
Mantan ketua BPK Hadi Poernomo meninggalkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (26/5), usai menjalani sidang putusan praperadilan terkait penetapan dirinya sebagai tersangka oleh KPK. Hakim memutuskan mengabulkan gugatan praperadilan Hadi. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengalami kekalahan dalam gugatan praperadilan.

Kali ini, kekalahan diderita KPK dalam sidang praperadilan yang diajukan oleh mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak, Hadi Poernomo, yang putusannya dibacakan pada Selasa (26/5/2015) kemarin.

Kekalahan tersebut merupakan ketiga kalinya bagi KPK dalam sidang praperadilan, yang semuanya diajukan untuk menggugat penetapan status tersangka oleh KPK.

Pertama kali, pada 16 Februari lalu, KPK kalah dalam sidang praperadilan yang diajukan oleh kuasa hukum calon Kapolri (waktu itu), yakni Komisaris Jenderal (Komjen) Budi Gunawan.

Yang kedua, pada 12 Mei silam, KPK dalam sidang praperadilan atas penetapan tersangka oleh lembaga antirasuah itu terhadap Ilham Arief Sirajuddin (mantan wali Kota Makassar).

Penetapan tersangka oleh KPK terhadap Ilham Arief dinyatakan tidak sah oleh hakim.

Kendati demikian, berdasarkan penelusuran Tribun Bali, untuk empat gugatan praperadilan lainnya, KPK memenangkannya.

Salah-satu gugatan praperadilan yang dimenangkan KPK adalah yang terkait penetapan status tersangka terhadap Jero Wacik.

Dengan demikian, dari 7 kasus gugatan praperadilan yang mempersoalkan penetapan tersangka oleh KPK, lembaga antikorupsi itu masih menang 4-3 selama tahun 2015.

Gugatan praperadilan yang putusannya keluar kemarin itu diajukan Hadi Poernomo terkait penetapan dirinya oleh KPK sebagai tersangka dugaan korupsi di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak. Dengan dikabulkannya gugatan Hadi itu, maka status Hadi sebagai tersangka menjadi gugur.

Halaman
123
Penulis: Sunarko
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved