Breaking News:

Hari Raya Waisak

Puncak Purnama Terjadi Siang Ini Bertepatan dengan Waisak

Mulai pukul 08.30 Wita pagi, ritual perayaan Waisak di Vihara Sakyamuni akan diawali dengan Wisuda Upasaka yakni pentahbisan umat yang baru memeluk

Antara
Sejumlah biksu mengambil Api Dharma dengan obor dari api abadi Mrapen di Grobogan, Jawa TImur, Senin (1/6/2015) 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Kegiatan SPD juga dilakukan di Vihara Cattra Dharma, Tabanan, Bali.

“Di Vihara Cattra Dharma umat dari mana saja bisa sembahyang di sini, yang penting mengikuti aturan," terang Kholisan (54), pengurus Vihara Cattra Dharma, Senin (1/6/2015).

(Baca Juga Berita Terkait: Puncak Purnama Terjadi Siang Ini Bertepatan dengan Waisak)

Perayaan hari Tri Suci Waisak yang berlangsung hari ini mengambil tema "Dhamma Melindungi yang Melaksanakan".

Ini merupakan tema yang diusung oleh umat Keluarga Buddhis Theravada Indonesia secara umum, termasuk yang di Bali.

Tujuannya agar Dhamma tidak hanya sekadar berhenti sebagai ucapan atau teori saja, tapi harus dipraktekkan, jelas Oscar.

Puncak perayaan Waisak di Vihara Vihara Sakyamuni dan Vihara Cattra Dharma akan dilaksanakan pada Selasa (2/6/2015) sekitar pukul 12.00 Wita, karena mengikuti perayaan Waisak secara nasional yang dipusatkan di Candi Borobudur, yang berlangsung pada pukul 11.00 WIB.

Mulai pukul 08.30 Wita pagi, ritual perayaan Waisak di Vihara Sakyamuni akan diawali dengan Wisuda Upasaka yakni pentahbisan umat yang baru memeluk agama Buddha.

Selanjutnya akan dilakukan Abhayadana atau pelepasan burung, Puja Bakti, ramah tamah hingga puncaknya meditasi menyambut detik-detik Waisak.

Di tingkat nasional, perayaan Waisak nasional secara pokok terdiri dari: pertama, pengambilan air berkat dari mata air (umbul) Jumprit di Kabupaten Temanggung dan penyalaan obor menggunakan sumber api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan (Jawa Tengah); kedua ritual Pindapatta; dan ketiga samadhi pada detik-detik puncak bulan purnama.

Penentuan bulan purnama ini berdasarkan perhitungan ilmu falak, sehingga puncak purnama dapat terjadi pada siang hari sebagaimana yang akan berlangsung pada Waisak hari ini.(*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved