Tip Sehat untuk Anda

Vegetarian Ternyata Rentan Derita Anemia, Ini Penyeimbangnya

Vegetarian dianggap baik untuk kesehatan. Seorang vegetarian murni diketahui sangat rentan mengalami anemia atau gangguan pada sel darah merah.

Vegetarian Ternyata Rentan Derita Anemia, Ini Penyeimbangnya
Net
Ilustrasi vegetarian 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR -Menjalani pola hidup vegetarian oleh sebagian orang menjadi suatu pilihan karena dianggap sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk menghindari kolesterol.

Namun, ternyata menjadi seorang vegetarian juga memiliki risiko bagi yang menjaninya.

Seorang vegetarian murni diketahui sangat rentan mengalami anemia atau gangguan pada sel darah merah.

"Hal tersebut karena pada seorang vegetarian murni  biasanya mengalami defisiensi atau kekurangan asupan vitamin B12," ujar Dokter spesialis gizi klinis, dr. I Wayan Gede Sutadarma, MGizi, SpGK, pada Kamis (4/6/2015).

Ia menjelaskan, menjadi seorang vegetarian pada umumnya beresiko mengalami kurangnya asupan/defisiensi vitamin B12, asam amino esensial dan Zn (seng).

Selain defisiensi vitamin B12 yang dapat menimbulkan gangguan sel darah merah dan kerap menimbulkan gejala anemia, risiko lainnya adalah kemungkinan terjadinya defisiensi asam amino esensial.

Apabila asupan asam amino esensial dalam tubuh berkurang, maka risiko gangguan pembentukan protein struktural dan fungsional akan meningkat.

Sedangkan, Zn atau seng diperlukan sebagai pelengkap jalannya lebih dari 300 reaksi metabolisme tubuh.

"Namun, bagi vegetarian semua risiko tersebut tentunya dapat dihindari dengan tetap memenuhi asupan diet dari bahan makanan sumber asam amino esensial, vitamin B12 dan Zn tersebut," terangnya.

Menurutnya, asupan asam amino bagi para vegetarian dapat terpenuhi dari banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung sumber protein nabati seperti tempe dan tahu.

Untuk menghindari terjadinya defisiensi vitamin dan mineral seperti seng/Zg, maka direkomendasikan pada vegetarian untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung multi vitamin dan mineral.

Namun, menjalani diet vegetarian juga memiliki manfaat signifikan untuk mengurangi asupan kolesterol karena hanya protein hewani yang merupakan makanan sumber kolesterol.

Dengan mengurangi asupan kolesterol dapat menurunkan terjadinya hiperkolesterolemia yang dapat memicu timbulnya penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis).

Namun, dengan catatan bahwa asupan mikronutrien (vitamin dan mineral terpenuhi).

"Menjalani pola hiduo vegetarian akan bermanfaat bagi kesehatan apabila dilakukan dengan metode yang benar," tegas dr.Gede Sutadarma. (*)

Tags
vegetarian
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved