Citizen Journalism

Angin Tak Bersahabat pada Lomba Layangan

Penulis: Ketut Karjana, Warga Desa Sanur Kauh

Angin Tak Bersahabat pada Lomba Layangan
istimewa
Anggota STT Tunas Muda Banjar Dangin Peken bersiap dengan layang-layang janggan yang pernah meraih juara I 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Lomba layang-layang telah diselenggarakan panitia lomba di Pantai Padanggalak Sanur, Denpasar Timur. Namun, banyak penggemar kecewa akibat angin tak berhembus.

Beberapa peserta yang sudah berada di lokasi harus beristirahat di bawah tenda sambil menunggu hembusan angin. Salah satu peserta yang berasal dari Banjar Dangin Peken Intaran, I Wayan Beluran mengaku kecewa karena angin tak berhembus.

"Layangan kreasi saja nggak naik, tapi saya tetap memotivasi anggota untuk bersabar," tandas Beluran.

Akibat sedikit angin, semua peserta menjadi gradag-grudug, ada juga orang menabuh beleganjur agar angin bisa berhembus.

"Tapi walaupun angin mendesir, belum mampu layangan besar mengudara," sahut Beluran. Apalagi rombongan Beluran dari ST Tunas Muda bawa "Janggan" yang ekornya saja mencapai 99 meter. Mana mungkin juga naik.

Kemarin hari Jumat (3/7/2015) masih mendingan angin berhembus. "Mungkin saja yang hari pertama mendapat juara," ujarnya sembari senyum. Tapi entahlah, yang penting rare angon banjarnya tetap berpartisipasi dalam ajang lomba.

Saat ditanya, apakah layangannya pernah meraih juara, Beluran mengaku pernah juara 1 yang saat itu tenaga penarik lebih kuat dibanding sekarang. Memang antusias krama masing-masing banjar terlihat dengan kostum dan berbekal sarapan pagi.

Besoknya, hari Minggu (5/7/2015) pukul 10.00 Wita lomba sudah dimulai kembali, namun angin tak bersahabat. Beberapa peserta baru, datang dengan pengaduannya ke panitia. Beluran bertanya-tanya. "Apakah panitia sudah jeli terhadap hari baik untuk mengadakan lomba layangan?"

Hingga pukul 14.00 Wita angin masih belum mendukung para peserta untuk bertanding, namun lomba berjalan terus. Seketika itu, penonton pun melangkahkan kakinya ke kendaraan masing-masing.

Penulis: Ketut Karjana
Warga Desa Sanur Kauh

Ingin menjadi penulis di rubrik citizen journalism Tribun Bali? Klik Link Ini
(*)

Editor: gunawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved