Lebaran

12 Orang Disidang karena Tak Bawa KTP di Terminal Mengwi

Para pendatang yang tidak membawa KTP ataupun membawa KTP yang tidak berlaku lagi, mereka di wajibkan untuk mengikuti sidang tipiring.

Editor: Kander Turnip
Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Seorang warga tengah berdiri di depan loket penjualan tiket bis di Terminal Tipe A Mengwi, Badung, Bali, Sabtu (11/7/2015). 

TRIBUN-BALI.com, MANGUPURA - Petugas gabungan dari instansi terkait melakukan menertibkan kedatangan warga dari luar Bali, pasca- Lebaran di Terminal Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (23/7/2015).

Sidak selama dua jam mulai pukul 04.00 hingga pukul 06.00 Wita melibatkan petugas terminal bekerja sama dengan Satpol PP, Polres Badung, Dinas Sosial dan dinas terkait lainnya di daerah itu.

Kepala Terminal Mengwi, Ida Gusti Bagus Mudiarsa saat ditemui di kantornya menyatakan, dari 519 penumpang yang disidak, 12 penumpang kedapatan tidak memiliki KTP.

"Dari 12 orang yang terkena sidak karena kebanyakan dari mereka tidak membawa KTP. Dua orang di antaranya membawa KTP yang sudah habis masa berlakunya," ujar Ida Gusti Bagus Mudiarsa.

Ida Gusti Bagus Mudiarsa mengaku, para pendatang yang tidak membawa KTP ataupun membawa KTP yang tidak berlaku lagi, mereka di wajibkan untuk mengikuti sidang tipiring yang dilangsungkan di depan Posko Pengamanan Arus Mudik Terminal Mengwi.

"Sebagai langkah untuk membuat mereka jera, begitu terjaring dan terbukti tidak membawa KTP atau KTP dalam keadaan mati, mereka langsung diikutkan dalam siding tipiring (tindak pidana ringan)," ujarnya.

"Para pendatang pelanggar setelah mengikuti sidang tipiring tidak dipulangkan karena ada sanak saudara yang menjamin mereka selama di Bali," ujar Mudiarsa.

Ia mengatakan, sebagai sanksi pelanggaran, pendatang tersebut hanya dikenakan denda Rp 50 ribu per orang. (*)

Sumber:
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved