Breaking News:

Ribuan Turis Kapal Pesiar Terpaksa Diangkut Sekoci di Pelabuhan Benoa

Para penumpang kapal yang berlabuh di lepas pantai itu dibawa ke darat dengan water taxi atau sekoci dengan kapasitas 100-150 orang per sekoci.

Akun Resmi Facebook Pelabuhan Benoa
Sebuah kapal pesiar di Pelabuhan Benoa, Denpasar. Pelindo III sebagai pengelola Pelabuhan Benoa berencana kembangkan pelabuhan marina di dalam kawasan Pelabuhan Benoa. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Made Ardhiangga

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kapal-kapal pesiar besar yang tak bisa merapat ke dermaga Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, karena dangkalnya alur pelayaran, terpaksa berlabuh di laut lepas yang berjarak sekitar 5 kilometer dari dermaga.

(Baca Juga Berita Terkait: Rp 50 Miliar Tingkatkan Layanan Wisatawan Kapal Pesiar di Pelabuhan Benoa)

Hingga pertengahan tahun 2015 ini, tercatat setidaknya tiga kapal pesiar yang harus berlabuh di laut lepas yang terdekat dengan Pelabuhan Benoa.

Tiga kapal pesiar itu adalah MV Celebrity Milennium, MV Celebrity Solstice dan MV Sun Princess, yang mengangkut total 4.831 turis asing.

Sedangkan pada tahun 2014 terdapat 12 kapal pesiar yang tidak dapat merapat ke dermaga Pelabuhan Benoa, karena ukurannya yang besar tak mampu diakomodasi oleh kedalaman alur pelayaran yang antara 8-10 meter.

Menurut staf Bagian Humas PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Pelabuhan Benoa, Mira Eka Putri, para penumpang kapal yang berlabuh di lepas pantai itu dibawa ke darat dengan water taxi atau sekoci dengan kapasitas 100-150 orang per sekoci.

“Tinggal dihitung saja berapa sekoci yang dibutuhkan untuk mengangkut ribuan orang itu,” kata Mira Eka Putri.

Menurut Mira, pendalaman alur pelayaran Pelabuhan Benoa tentu membawa manfaat bagi Pelindo III.

Sebab, dengan arus keluar-masuk pelabuhan menjadi lebih lancar bagi kapal-kapal besar, maka aktivitas layanan di Pelabuhan Benoa juga meningkat, itu bisa berarti peningkatan kegiatan bisnis bagi Pelindo.

Halaman
12
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved