Breaking News:

Rp 50 Miliar Tingkatkan Layanan Wisatawan Kapal Pesiar di Pelabuhan Benoa

Dengan kedalaman alur pelayaran Pelabuhan Benoa selama ini sekitar 8-10 meter, kapal-kapal pesiar besar tidak bisa merapat ke dermaga pelabuhan.

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Akun Resmi Facebook Pelabuhan Beno
Sebuah kapal pesiar di Pelabuhan Benoa, Denpasar. Pelindo III sebagai pengelola Pelabuhan Benoa berencana kembangkan pelabuhan marina di dalam kawasan Pelabuhan Benoa. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Made Ardhiangga

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Alur pelayaran Pelabuhan Benoa, Denpasar, direncanakan akan diperdalam kembali mulai pertengahan Agustus ini.

Selain terkait keselamatan pelayaran, pendalaman alur pelayaran dengan biaya Rp 50 miliar ini diharapkan akan meningkatkan layanan pariwisata Bali, khususnya bagi para pelancong asing dari kapal-kapal pesiar jenis cruise.

(Baca Juga Berita Terkait: Ribuan Turis Kapal Pesiar Terpaksa Diangkut Sekoci di Pelabuhan Benoa)

Menurut Gede Astawa, Pejabat Pembuat Komitmen proyek pengerukan alur pelayaran Pelabuhan Benoa, dengan alur yang lebih dalam diharapkan kapal-kapal pesiar (cruise) berukuran besar bisa merapat ke dermaga Pelabuhan Benoa.

"Pengerukan sebetulnya merupakan perawatan alur yang biasa dilakukan jika ada pendangkalan. Ini sebagai layanan untuk keselamatan pelayaran kapal. Tetapi, pendalaman juga akan meningkatkan layanan terhadap kapal-kapal pesiar yang makin bertambah jumlahnya ke Pelabuhan Benoa," ujar Astawa saat ditemui Tribun Bali di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Benoa akhir pekan lalu.

Dengan kedalaman alur pelayaran Pelabuhan Benoa selama ini sekitar 8-10 meter, kapal-kapal pesiar besar dengan panjang (LOA/Lenght Over All) setidaknya 260 meter dan draft 8 meter tidak bisa merapat ke dermaga pelabuhan.

Draft adalah jarak vertikal untuk bagian kapal yang berada di bawah permukaan air.

Berdasarkan data di PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III cabang Pelabuhan Benoa, sampai pertengahan tahun 2015 ada tiga kapal pesiar yang tidak bisa merapat ke dermaga untuk mendaratkan para penumpangnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved