Liputan Khusus

Roman Cinta Soekarno di Rumah Inggit, Jadi Tahanan Politik

Sebuah rumah bergaya klasik yang berada di sisi jalan Inggit Garnasih nomor 174, Ciateul, Bandung, pernah menjadi saksi sejarah kehidupan Soekarno

Roman Cinta Soekarno di Rumah Inggit, Jadi Tahanan Politik
Tribun Jabar
Sebuah rumah bergaya klasik yang berada di sisi jalan Inggit Garnasih nomor 174, Ciateul, Bandung, pernah menjadi saksi sejarah kehidupan Soekarno dan istrinya Inggit Garnasih. 

TRIBUN-BALI.COM, BANDUNG - Pada Soekarno‑Hatta, Anda bisa menemukan pemberontakan sekaligus perjuangan menuju kemerdekaan.

Perjuangan menuntut kemerdekaan yang dilakukannya di beberapa daerah di tanah air itu kerap kali membawa keduanya hidup dalam pengasingan.

(Baca Juga Berita Terkait: Begini Soekarno Berjuang dari Balik Tembok Lapas Sukamiskin Bandung)

Sejarah mencatat banyak lokasi yang dahulu pernah menjadi tempat perjuangan untuk meraih kemerdekaan sekaligus tempat pembuangan serta penahanan tokoh proklamasi sekaligus founding father, Soekarno‑Hatta.

Salah satunya di Kota Bandung, Jawa Barat, yang menjadi awal perjuangan Presiden pertama Indonesia Ir Soekarno.

Sebuah rumah bergaya klasik yang berada di sisi jalan Inggit Garnasih nomor 174, Ciateul, Bandung, pernah menjadi saksi sejarah kehidupan Soekarno dan istrinya Inggit Garnasih.

Selama berada di Bandung, rumah itulah yang menjadi tempat Soekarno dan Inggit bernaung.

Inilah rumah yang menjadi saksi kisah cinta keduanya hingga Soekarno menikahi Inggit.

Tempat itu pula yang menjadi saksi saat Soekarno menjalani hari demi hari untuk memperjuangkan bangsa Indonesia menuju kemerdekaannya.

Kepada Tribun Bali saat mengunjungi lokasi rumah Inggit, beberapa waktu lalu, juru pelihara rumah Inggit, Jajang Ruhiyat (40) menuturkan, rumah tersebut telah mengalami renovasi ulang semenjak ditinggalkan Soekarno karena diasingkan ke Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.


Sebuah rumah di Jalan Inggit Garnasih nomor 174, Ciateul, Kota Bandung, Jawa Barat, adalah saksi awal mula kisah asmara Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno. Sesuai namanya, rumah ini adalah kediaman dari Inggit Garnasih, istri pertama Soekarno. (Sebuah rumah di Jalan Inggit Garnasih nomor 174, Ciateul, Kota Bandung, Jawa Barat, adalah saksi awal mula kisah asmara Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno. Sesuai namanya, rumah ini adalah kediaman dari Inggit Garnasih, istri pertama Soekarno.)
Halaman
1234
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved