Citizen Journalism

Mahasiswa Unud Berikan Pelayanan Kesehatan Ternak

Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN-PPM Unud bekerjasama dengan UPTD Dinas Peternakan Kelautan dan Perikanan Kecamatan Abang, Karangasem.

Mahasiswa Unud Berikan Pelayanan Kesehatan Ternak
istimewa
Mahasiswi Unud sedang membantu peternak sapi di Karangasem. 

MAHASISWA KKN-PPM Universitas Udayana (Unud) Periode XI Desa Bunutan memberikan pelayanan kesehatan ternak selama sepekan di Dusun Gulinten, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem dan sekitarnya.

Kegiatan ini diadakan pada Sabtu (8/8) hingga Rabu (19/08). Pelayanan kesehatan ternak merupakan salah satu program unggulan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-PPM Unud karena sektor peternakan merupakan salah satu mata pencaharian penduduk Dusun Gulinten. Pelayanan kesehatan ternak menjadi penting dalam peningkatan pertumbuhan dan produktivitas hewan ternak dan agar ternak terbebas dari penyakit.

“Dalam kegiatan ini, kami segenap kelompok mahasiswa yang bertugas dalam program kesehatan ternak memberikan vitamin dan antibiotik agar ternak sehat dan bebas dari parasit. Selain itu, kami juga memberikan obat cacing untuk pedet (anak sapi) dan vitamin B12 untuk ternak yang menyusui,” ujar Erena, koordinator kelompok program kesehatan ternak.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN-PPM Unud bekerjasama dengan UPTD Dinas Peternakan Kelautan dan Perikanan Kecamatan Abang, Karangasem. Pada kesempatan ini, Kepala UPTD Dinas Peternakan Kelautan dan Perikanan Kecamatan Abang, Drh I Wayan Putu Sedana dan staf turut serta membantu sekaligus memantau jalannya program ini.

Kepala UPTD mengatakan, program pelayanan kesehatan ternak di Dusun Gulinten dan sekitarnya ini sangat bagus dan membantu tim Dinas Peternakan di lapangan.

“Saya berterimakasih atas program ini. Karena adanya keterbatasan tenaga kami, program ini sangat membantu dalam melancarkan kerja kami, apa lagi itu di daerah terpencil,” ujar I Wayan Putu Sedana.

Dia juga menambahkan harapannya agar mahasiswa KKN-PPM Unud dapat selalu membantu dan menyasar dusun-dusun terpencil untuk memberikan pelayanan atau pembinaan serta mengedukasi masyarakat, khususnya petani ternak.

Adapun jumlah ternak yang telah ditangani sebanyak 298 ekor, terinci 181 ekor ternak di Dusun Gulinten dan 117 ekor merupakan ternak di daerah sekitarnya.

“Target dari kegiatan pelayanan kesehatan ternak ini adalah 100 ternak di Dusun Gulinten,” kata Gusti Ketut Sukadana, Dosen Pendamping Lapangan KKN-PPM Dusun Gulinten.

Sukadana awalnya hanya menargetkan 100 ternak, namun karena kebutuhan dan kepedulian masyarakat dalam menjaga ternaknya, hasil yang didapat mencapai 3 kali lipat dari target. Warga Dusun Gulinten menyambut hangat program ini.

“Dengan adanya program ini, saya mengucapkan terima kasih. Saya senang dan saya berharap program seperti ini dapat terus berjalan,” kata Nyoman Sudiani, pemilik ternak di Dusun Gulinten.

Nyoman Rening juga menambahkan: “Saya berharap dengan penyuntikan vitamin ini, sapi saya yang awalnya kurus dapat menjadi gemuk dan sehat.”

Pelayanan kesehatan ternak diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Dusun Gulinten dalam memelihara dan menghasilkan ternak yang sehat dan berkualitas.

Selain melaksanakan program pelayanan kesehatan ternak, mahasiswa KKN PPM Periode XI di Dusun Gulinten juga melaksanakan beberapa program kerja seperti peningkatan produksi kolang-kaling dan konservasi sumber daya air melalui kegiatan penghijauan untuk menjaga keberlangsungan sumber mata air yang ada di Dusun Gulinten. (*)

Kiriman: Kayika Febriyanti
Mahasiswa KKN-PPM Unud Periode XI

Editor: Bambang Wiyono
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved