Citizen Journalism

KKN Unud Kuatkan Pengembangan LPD

LPD tidak melayani masyarakat di luar dari wilayah desa pekraman tempat LPD tersebut beroperasi.

MAHASISWA menggelar seminar yang bertajuk “Membangkitkan Lembaga Perkreditan Desa Menuju Masyarakat Sejahtera”. Kegiatan ini diadakan di Balai Serbaguna Dusun Gulinten, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem, Minggu (9/8) dihadiri 83 warga Desa Pekraman Gulinten.

Seminar mengenai lembaga keuangan desa adat ini dibawakan oleh Prof Dr I Wayan Suartana SE MS Ak, guru besar Unud yang telah lama aktif meneliti dan menulis tentang LPD di Bali. Pada kesempatan ini, Prof Suartana menyampaikan, LPD merupakan suatu lembaga ekonomi milik desa pekraman yang didirikan khusus untuk mensejahterakan masyarakat desa pekraman, dalam kegiatannya hanya melayani masyarakat desa pekraman saja, LPD tidak melayani masyarakat di luar dari wilayah desa pekraman tempat LPD tersebut beroperasi.

Ketua LPD Pekraman Gulinten, I Nengah Kertiyasa menuturkan bahwa LPD di Dusun Gulinten telah berjalan selama 21 tahun. Namun, sampai saat ini belum memiliki kantor tetap karena yang lama telah rusak.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan masyarakat mengenai peran penting LPD sehingga lembaga perkreditan desa yang telah ada di Dusun Gulinten dapat berkembang dan mensejahterakan masyarakat,” kata Ade Buddhi, yang merupakan koordinator KKN-PPM Unud di Dusun Gulinten.

Buddhi menambahkan, Dusun Gulinten telah memiliki LPD namun kondisinya belum memadai sehingga perlu dikembangkan lagi. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan, fasilitas, dan perhatian masyarakat akan keberadaan dan fungsi LPD. Selain itu, kurangnya pemberdayaan masyarakat untuk menjalankan dan mengembangkan LPD sebagai lembaga keuangan mikro juga menjadi salah satu penyebabnya.

Kelian Desa Pekraman Gulinten, Ketut Sujana mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini karena telah memberikan penjelasan tentang pengelolaan dan fungsi LPD. Dia berharap, dengan bertambahnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya LPD dapat menumbuhkan kesadaran untuk mengembangkan LPD yang ada di Desa Pekraman Gulinten menjadi lebih sehat. Sampai saat ini laba yang diperoleh dari LPD digunakan sebagai dana pembangunan fasilitas desa adat, pertambahan modal LPD, jasa produksi dan dana sosial untuk kegiatan di masyarakat.

Selain melaksanakan seminar LPD, mahasiswa KKN PPM Periode XI di Dusun Gulinten juga telah melaksanakan beberapa program kerja seperti pelatihan komputer dengan materi Microsoft Office dan pemanfaatan internet bagi aparat desa, pembinaan teknis pembinaan produksi kolang-kaling serta konvservasi sumber daya air melalui kegiatan penghijauan untuk menjaga keberlangsungan sumber mata air yang ada di Dusun Gulinten. (*)

Kiriman: I Dewa Gede Amertha Semadi
Mahasiswa KKN Unud di Bunutan, Abang, Karangasem

Editor: Bambang Wiyono
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved