Citizen Journalism

Anak Tani Remaja Galakkan Buah Naga di Karangasem

Usai Jambore Patra Nasional II 2015 di Gresik, Jawa Timur, pelatih anak tani remaja Karangasem menggalakkan tanaman buah naga.

Anak Tani Remaja Galakkan Buah Naga di Karangasem
istimewa
Peserta Jambore Patra Nasional 2015 dari Karangasem. 

GUNA mengajak generasi muda mencintai dunia pertanian, pada 2005 di Indonesia terbentuklah komunitas PATRA (Pelatihan Anak Tani Remaja). Sejak awal dibentuk sampai saat ini, telah ada di delapan provinsi dan 16 kabupaten, satu di antaranya di Kabupaten Karangasem, Bali.

Jambore Patra Nasional (JPN) II 2015 kali ini, PATRA Karangasem di bawah bimbingan I Wayan Sutama berangkat bersama lima orang ke Gresik, Jawa Timur. Tujuan dari keikutsertaan itu, tiada lain adalah untuk memotivasi pemuda mencintai pertanian karena kita ketahui pertanian adalah hal utama dalam memenuhi kebutuhan pokok hidup kita.

Kegiatan PATRA di Karangasem, Bali memang belum seperti daerah lainnya. Namun dari empat perwakilan yang diajak ikut Jambore Nasional, mereka sudah mulai melakukan hal seperti menanam pepaya dalam pembibitan dan budidaya di Desa Seraya Barat.

Juga telah dibuat percontohan penanaman buah naga sebagai persiapan agrowisata yang dikelola oleh pemuda-pemuda Seraya Barat yang tergabung dalam Karang Taruna.

Bidang pertanian kurang diminati saat ini karena selalu dikesankan sebagai kemiskinan, kotor dan kampungan.

Namun pada saat JPN ini, diadakan sarasehan yang menghadirkan salah satu petani muda yang berumur 22 tahun.

Kini dia menjadi dosen di salah satu perguruan tinggi. Dengan kegiatan ini akan memunculkan kreativitas baru dari generasi muda agar kembali mencintai pertanian. Karena yang muda yang kreatif bertani, yang kreatif yang sukses bertani. (*)

Kiriman: I Wayan Sutama
Local President JCI Karangasem

Editor: Bambang Wiyono
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved