Citizen Journalism

Trayek Bus Trans Sarbagita Kok Belum Sentuh Tabanan

Pemerintah Provinsi Bali melalui Gubernur Made Mangku Pastika pada 17 Agustus 2011 lalu meluncurkan Bus Trans Sarbagita, dan mulai dioperasikan

Trayek Bus Trans Sarbagita Kok Belum Sentuh Tabanan
Istimewa
Tiket Bus Sarbagita 

TRIBUN-BALI.COM - Pemerintah Provinsi Bali melalui Gubernur Made Mangku Pastika pada 17 Agustus 2011 lalu meluncurkan Bus Trans Sarbagita, dan mulai dioperasikan keesokan harinya. Bus ini merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan RI. Kata "Sarbagita" sebenarnya memiliki maksud sendiri. Kata tersebut diambil dari empat wilayah (kabupaten/kota) yakni Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan.

Wilayah tersebut merupakan yang dilalui trayek bus. Namun sampai saat ini wilayah yang dilalui trayek Bus Trans Sarbagita baru meliputi tiga wilayah. Wilayah yang paling dominan adalah Denpasar dan Badung, sementara Gianyar hanya sampai Terminal Batubulan. Sedangkan Tabanan sebagai wilayah yang seharusnya juga tersentuh, namun sampai saat ini belum dilalui trayek Bus Trans Sarbagita.

Berdasarkan situs Pemerintah Provinsi Bali (baliprov.go.id), Bus Trans Sarbagita baru mempunyai dua trayek atau koridor. Koridor I, trayeknya meliputi GOR Ngurah Rai Denpasar sampai GWK, Badung pulang-pergi (PP). Rutenya adalah melalui  Halte SMAN 7 di Jl Kamboja menuju Jl Angsoka-Melati-Surapati-Kapten Agung-Letda Made Putra-Jl PB Sudirman-Waturenggong-Diponegoro-Raya Sesetan- Bypass Ngurah Rai-Dewa Ruci-Bypass Nusa Dua-Jl Uayana Kampus Unud Bukit-Jl Uluwatu-GWK.

Dari Halte GWK kembali lagi ke Jl Raya Uluwatu- Jl Udayana Kampus Bukit-Bypass Nusa Dua-Dewa Ruci-Pesanggaran-Raya Sesetan-Diponegoro- Serma Durna-Serma Made Pil-Serma Mendra-PB Sudirman-Dewi Sartika-Diponegoro-Hasannudin-Jl Udayana-Surapati-Kamboja-Angsoka-Melati-Patimura lalu sampai lagi di Halte SMA 7.

Sedangkan trayek atau koridor 2 dari Batubulan sampai Nusa Dua pulang-pergi (PP). Koridor dua ini rutenya melalui dari Terminal Batubulan-WR Supratman-Jl Bypass Ngurah Rai-Jl Prof IB Mantra-Jl Bypass Ngurah Rai-Simpang Dewa Ruci-Jl Setiabudi Kuta-Jl Raya Kuta-Sentral Parkir Kuta-Jl Imam Bonjol-Jl Sunset Road Timur-Simpang Dewa Ruci-Jl Bypass Nusa Dua-jalan masuk kawasan Nusa Dua-Jl Amphi Halte BTDC 1.

Dari Halte BTDC 1 kembali ke Jl Bali Int Lawn Bowling-Jl Kawasan Nusa Dua Resort (Halte BTD2)-Jl Tanjung Benoa Bualu-Jl Bypass Nusa Dua-Simpang Dewa Ruci-Jl Setiabudi Kuta-Jl Raya Kuta-Sentral Parkir Kuta-Jl Imam Bonjol-Jl Sunset Road Timur-Simpang Dewa Ruci-Jl Bypass Ngurah Rai-Jl WR Supratman-Jl Raya Batubulan-Jl Batuyang lalu kembali lagi ke Terminal Batubulan. 

Dari kedua koridor tersebut ,dapat kita lihat bahwa wilayah Kabupaten Tabanan belum tersentuh jalur Trans Sarbagita. Padahal Sarbagita sendiri sudah berjalan hampir empat tahun lamanya.

Sangat baik sekali program dari Pemeritah Provinsi Bali ini dalam mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di jalan raya. Namun masih ada beberapa hal yang perlu dievaluasi guna menjadi lebih baik. Kedepan perlu dibuatkan trayek agar menyentuh Kabupaten Tabanan karena lalu lintas dari dan ke Tabanan juga sangat padat.

Penulis: Sui Suadnyana
Mahasiswa Fakultas Pertanian Unud

Editor: gunawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved