Melarat di Pulau Surga

Penduduk Miskin Bali Meningkat Jadi 196.710 Orang, Tapi Ini yang Berkurang

Persentase penduduk miskin Bali yang terdeteksi hingga Maret 2015, lebih banyak berada di wilayah pedesaan dibandingkan perkotaan.

Penduduk Miskin Bali Meningkat Jadi 196.710 Orang, Tapi Ini yang Berkurang
Tribun Bali/ i Wayan Eri Gunarta
Potret kemiskinan masyarakat Bali di wilayah perbatasan Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Karangasem, yakni di Banjar Pakel, Desa Gegelan atau tepatnya di puncak Bukit Abah 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Secara absolut, jumlah penduduk miskin di Bali pada bulan Maret 2015 naik sebanyak 760 orang dibandingkan dengan jumlah penduduk miskin Bali pada September 2014.

Persisnya, jumlah penduduk miskin Bali pada September 2014 sebanyak 195.950 orang, sedangkan pada Maret 2015 menjadi sebanyak 196.710 orang.

Peningkatan jumlah penduduk miskin itu terkuak dari hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali.

Dalam survei itu, sebanyak 5.760 rumah tangga di Bali menjadi responden.

Kendati secara absolut terjadi peningkatan jumlah penduduk miskin di Bali, namun secara relatif (dalam persentase) hasil Susenas BPS itu menunjukkan bahwa angka kemiskinan di Bali mengalami penurunan.

Yakni dari 4,76% menjadi 4,74% dari total jumlah penduduk provinsi ini.

(POTRET Kehidupan Masyarakat Miskin di Bali Terekam Kamera di Sini)

Selain itu, ketimpangan pendapatan di Bali juga semakin menyempit, yang ditunjukkan oleh penurunan Gini Ratio. 

“Oleh karena itu, secara nasional Bali masih merupakan provinsi dengan jumlah penduduk miskin terendah nomor dua setelah Provinsi DKI Jakarta,” kata Kepala BPS Bali, Panusunan Siregar, di kantor BPS Provinsi Bali di Denpasar, Selasa (15/9/2015).

Berdasarkan survei BPS itu diketahui bahwa persentase penduduk miskin Bali yang terdeteksi hingga Maret 2015, lebih banyak berada di wilayah pedesaan dibandingkan perkotaan.

Halaman
1234
Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved