Tiga Sekolah di Tabanan Ikut Lomba Tangani Kanker

Ketua Cabang YKI Wilayah Provinsi Bali Ayu Pastika, ia mengharapkan agar kerja sama itu dapat ditingkatkan dalam mengatasi penyakit kanker.

Tiga Sekolah di Tabanan Ikut Lomba Tangani Kanker
Net/google

TRIBUN-BALI.com, TABANAN - Pemerintah Kabupaten Tabanan, Bali, mendukung keberadaan Yayasan Kanker Indonesia (YKI), karena menjadi satu diantara tumpuan dalam menanggulangi penyakit kanker.

"Pemkab Tabanan setiap tahun berusaha mendukung segala kegiatannya melalui alokasi pendanaan melalui APBD," kata Penjabat Bupati Tabanan Wayan Sugiada, Selasa (22/9/2015).

Ia mengatakan, satu diantara bentuk kegiatannya adalah Lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) tingkat provinsi yang rutin digelar YKI Bali setiap tahun.

Kegiatan tersebut merupakan sinergi Pemkab Tabanan dalam penanggulangan kanker, khususnya penanggulangan yang bersifat pencegahan lewat penyuluhan dan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

"Semoga kegiatan ini tidak berhenti sebagai rutinitas tahunan saja. Namun kegiatan ini ke depannya bisa memotivasi masyarakat untuk sadar bahaya kanker dan mampu membuat program inovatif untuk mencegah dan menanggulangi kanker," ujarnya.

Dalam kegiatan lomba yang dihadiri Ketua Cabang YKI Wilayah Provinsi Bali Ayu Pastika, ia mengharapkan agar kerja sama itu dapat ditingkatkan dalam mengatasi penyakit kanker.

Ketua YKI Kabupaten Tabanan Putriasih Sugiada menjelaskan, ada tiga sekolah yang dipilih untuk mewakili lomba tingkat provinsi.

Ketiga sekolah itu terdiri atas SMK Triatmajaya Tabanan, SMP Negeri 3 Pupuan, dan SD Negeri 1 Wanasari.

Selain melalui lomba ini, pihaknya juga sudah melakukan serangkaian kegiatan penanggulangan kanker, di antaranya kampanye pola hidup bersih dan sehat (PHBS) ke sekolah-sekolah.

Pihaknya juga melakukan kampanye antirokok yang menyasar kepada warga berusia 25 tahun ke bawah, khususnya para siswa sekolah.

Halaman
12
Editor: Kander Turnip
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved